Pertamina Ungkap Stok BBM, Minta Publik Tak Panik Karena Virus Corona

Berita Otomotif

Pertamina Ungkap Stok BBM, Minta Publik Tak Panik Karena Virus Corona

JAKARTA – Pertamina menjelaskan bahwa stok Bahan Bakar Minyak (BBM) maupun Liquefied Petroleum Gas (LPG) nasional dalam kondisi cukup dan aman. Publik diminta tenang dan membeli sesuai kebutuhan di tengah ancaman pandemi virus Corona.

Ketahanan stok BBM dan LPG seluruh produk, menurut Pertamina melalui keterangan resmi pada Senin (16/3/2020), rata-rata di atas 20 hari secara nasional. Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengatakan pihaknya menjamin seluruh produk BBM maupun LPG tetap teredia dan cukup untuk melayani kebutuhan masyarakat di seluruh Tanah Air.

“Sebagai BUMN yang berperan strategis untuk melayani energi, Pertamina tetap fokus dan memastikan proses penyediaan energi mulai dari fungsi hulu migas, kilang, distribusi hingga pemasaran tetap berjalan baik. Sehingga ketersediaan dan penyaluran BBM dan LPG di seluruh tanah air juga tetap lancar,”katanya.

Sekadar mengingatkan, virus Corona atau Covid-19 muncul dari Wuhan, China pada akhir 2019 dan telah mewabah ke lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia. Masuknya virus Corona ke Nusantara sendiri diketahui setelah pada 2 Maret kemarin Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya 2 warga Depok yang positif terinfeksi.

Per Minggu (15/3/2020), jumlah pasien positif Covid-19 telah berkembang menjadi 117 kasues, dengan 8 kasus di antaranya sembuh serta 5 kasus meninggal dunia. Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, telah meminta warga bekerja dari rumah sedangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meniadakan ganjil-genap, Car Free Day, juga meliburkan sekolah selama dua pekan.

Lebih lanjut, dalam menghadapi wabah Covid 19, lanjut Fajriyah, Pertamina menghimbau masyarakat menggunakan BBM dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Bagi masyarakat yang tergolong mampu diharapkan menggunakan BBM yang berkualitas baik dan LPG Non Subsidi.

“Kami berharap masyarakat tetap tenang dan membeli BBM dan LPG sesuai kebutuhan dan peruntukannya. Dipastikan seluruh SPBU dan Agen serta Pangkalan LPG tetap beroperasi untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan Pertamina,”tambahnya.

Pertamina juga menghimbau, bila masyarakat menemukan ada penyimpangan dapat melaporkan kepada aparat setempat atau menghubungi Call Centre Pertamina 135. Untuk memastikan kelancaran operasional dan ketersediaan energi, tambah Fajriyah, Pertamina terus memantau dan berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait.

Pertamina tetap berkomitmen untuk memastikan dan mengamankan ketersediaan energi nasional, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan meyakinkan kelancaran operasional proses bisnis perusahaan,”imbuhnya mengenai saran bekerja dari rumah. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar