Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

PAL-V Luncurkan Liberty, Mobil Terbang Pertama yang Dijual Bebas

Berita Otomotif

PAL-V Luncurkan Liberty, Mobil Terbang Pertama yang Dijual Bebas

AMSTERDAM – PAL-V resmi meluncurkan mobil terbang pertama yang dijual untuk umum bernama Liberty .

Mungkin beberapa tahun lalu, mobil terbang masihlah sebuah mimpi. Kini mimpi itu sudah bisa diwujudkan.

PAL-V merupakan perusahaan asal Belanda yang berhasil menciptakan mobil terbang pertama sesuai dengan standard keselamatan penerbangan di seluruh dunia. Untuk awalan, mobil ini hanya akan dijual dengan tipe Pioneer Editions sebanyak 90 unit. Per unitnya akan dijual dengan harga $599.000 atau setara Rp 7,993 miliar. Setelah tipe tersebut hadir di pasar, PAL-V baru akan meluncurkan PAL-V Liberty Sport dengan harga $400.000 atau setara dengan Rp 5,338 miliar.

Secara teknis, Liberty lebih terlihat lebih mirip helikopter dibanding sebuah pesawat. Namun meski menggunakan baling-baling, Liberty tidak bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal tapi harus berjalan lebih dahulu layaknya sebuah pesawat.

Meskit terlihat kurang praktis, tapi PAL-V mengklaim bahwa Liberty lebih mudah dikemudikan dibanding helikopter karena memiliki ‘Stable Mechanical System’. Pemiliknya nanti selain harus memiliki SIM biasa, mereka harus memiliki lisensi pilot helikopter yang bisa didapatkan setelah menempuh 30 hingga 40 jam terbang untuk bisa mengendarai Liberty.

Liberty memerlukan waktu sekitar lima hingga 10 menit untuk berubah dari pesawat menjadi mobil biasa. Dan Liberty pun terbilang cukup mumpuni di jalan darat karena mobil tersebut mampu mencapai kecepatan 160 km/jam.

PAL-V Liberty akan dibuat di Belanda namun diperkirakan Amerika Utara akan menjadi pasar terbesar pertama. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang