Desainer Ini Sukses Permak Tampilan Mobil-Mobil Mitsubishi

Berita Otomotif

Desainer Ini Sukses Permak Tampilan Mobil-Mobil Mitsubishi

JAKARTA – Desain gril depan Dynamic Shield menjadi ciri khas dari mobil-mobil terkini Mitsubishi. Di Indonesia, konsep desain ini paling dipopulerkan oleh Xpander.

Xpander membuat kejutan ketika pertama kali meluncur pada 10 Agustus 2017. Bagaimana tidak, desainnya hampir sama persis dengan versi purwarupanya yang lebih dulu diperkenalkan pada 2016, XM Concept, termasuk gril depan Dynamic Shield yang amat membuat tampilan fascia depan menonjol.

Sebelum itu, sebenarnya gril depan Dynamic Shield sudah muncul di Pajero Sport generasi terbaru yang mengaspal di Nusantara pada 2016. Tapi Xpander menjadi model yang paling 'meledak' penjualannya. Setelah MPV tersebut, gril berdesain sama tampak pula pada Triton versi teranyar serta Xpander Cross.

Sosok di balik desain gril Dynamic Shield Mitsubishi adalah Tsunehiro Kunimoto. Dalam wawancara ketika ia datang ke Indonesia beberapa waktu lalu, Kunimoto menjelaskan ide awal dalam menciptakan bentuk ikonik ini adalah keinginan membuat satu desain utama yang dapat diaplikasikan ke banyak kendaraan Mitsubish.

“Sekarang satu merek dapat membuat satu desain utama yang dapat diaplikasikan terhadap banyak kendaraan mereka, demikian juga dengan Mitsubishi. Di sinilah tercipta konsep Dynamic Shield yang akan terus bertahan sebagai ciri khas desain Mitsubishi hingga ke depannya,” papar dia.

Kunimoto sendiri bergabung di Mitsubishi Motors Corporation Jepang sejak 2014. Tak lama setelah bergabung, ia berkeliling ke pasar-pasar utama Mitsubishi di Eropa dan Asia, termasuk Indonesia, untuk mengetahui ekspektasi konsumen terhadap kendaraan-kendaraan dari merek ini ke depannya.

“Di situlah saya menemukan kunci penting dalam kendaraan Mitsubishi, yaitu tangguh dan perawatannya mudah,” tandas dia.

Pria kelahiran 1950 ini lalu mengembangkan sebuah desain yang mencerminkan filosofi sporty, performa tinggi, tapi juga memberikan perlindungan bagi pengemudi serta orang lain di sekitarnya. Filosofi ini tak lepas pula dari perkembangan saat ini, ketika konsumen tak lagi hanya melihat keunikan plus inovasi dari desain sebuah mobil tapi juga semakin memikirkan fungsi, daya tahan, maupun keamanan kendaraan.

“Dynamic Shield itu dikembangkan dari warisan Mitsubishi yang sudah mengakar sejak dulu. Jadi filosofi saya membuat desain berdasarkan dari warisan tersebut dan menciptakan sebuah identitas dari Mitsubishi. Satu-satunya cara memperkenalkannya adalah melalui tampilan depan dari kendaraan kita,” papar lulusan Musashino Art University, Jepang ini.

Mengenai desain Xpander dan XM Concept yang tak jauh beda, Kunimoto mengatakan memang ingin mempraktikkan sesuatu yang berbeda dari kelaziman selama ini. Pasalnya, mobil versi produksi yang berbeda wujud dengan versi konsepnya sudah menjadi sebuah kewajaran.

“Biasanya mobil konsep dengan mobil produksi akan mengalami perbedaan yang signifikan tapi tidak dengan Xpander dengan XM Concept. Ini karena saya ingin menyamakan dengan strategi desain Mitsubishi. Saya tidak akan menunjukkan desain yang tidak masuk akal, tapi saya ingin menunjukkan yang benar-benar mungkin terwujud,” tegasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support