Di Vietnam, Harga Xpander Cross Buatan Cikarang Rp 400 Jutaan

Berita Otomotif

Di Vietnam, Harga Xpander Cross Buatan Cikarang Rp 400 Jutaan

TOKYO – Mitsubishi Xpander Cross buatan Cikarang, Bekasi menembus Vietnam. Di sana, harganya cukup mahal karena mencapai lebih dari Rp 400 juta.

Xpander Cross, menurut Mitsubishi Motors Corporation (MMC) melalui keterangan resmi, mengaspal di Vietnam pada Kamis (16/7/2020) kemarin. Sebelum diterjunkan di sana, model itu sudah meluncur terlebih dahulu di Indonesia (November 2019), kemudian Filipina plus Thailand (Maret 2020).

Pernyataan pers dari MMC tidak menjelaskan banderolnya di Vietnam. Akan tetapi, berdasarkan penelusuran Mobil123.com di situs resmi Mitsubishi negara tersebut, harga tertera adalah 670 juta dong atau sekitar Rp 424,14 juta (1 dong = Rp 0,63).

“Kami memperkenalkan Xpander Cross untuk menyuguhkan nilai baru bagi konsumen lebih luas di Vietnam yang mencari gaya, ketangguhan dan kepraktisan. Vietnam adalah pasar penting yang mendukung strategi pertumbuhan MMC di kawasan ASEAN. Kami akan terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Vietnam melalui upaya produksi dan penjualan," ucap Yoichiro Yatabe, Co-Chief Operating Officer MMC.

Jika dikomparasi, harga jual Xpander Cross di negara itu berbeda amat jauh dengan di Indonesia. Di Nusantara, banderolnya per Juli 2020 jika melihat situs resmi adalah Rp 272,7 – 292,7 juta untuk tiga tipe yang dipasarkan.

Xpander Cross sendiri merupakan versi termewah dari Xpander, multi purpose vehicle (MPV) rakitan Cikarang yang menjalani debut global di Indonesia pada 10 Agusutus 2017. Tampilannya semakin dimiripkan lagi dengan sport utility vehicle (SUV), dengan ground clearance tertinggi di kelasnya yang mencapai 225 mm.

Di Asia Tenggara, Xpander juga sudah dijual di Thailand, Filipina, serta Vietnam. Di tiga negara tersebut, model ini diklaim sebagai MPV terlaris di segmennya pada tahun fiskal 2019 (April 2019 – Maret 2020).

Sejak hadir pertama kali, ‘keluarga’ Xpander sudah membukukan total penjualan sekitar 260 ribu unit sampai Juni 2020 di negara-negara yang menjadi pasarnya. Model ini memperkuat daya saing Mitsubishi di pasar ASEAN, kawasan strategis bagi korporasi di bawah kerangka aliansi Renault – Nissan – Mitsubishi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar