Pajak Mobil Tinggi, Harga All-New Honda Jazz di Singapura Rp 1 Miliar

Berita Otomotif

Pajak Mobil Tinggi, Harga All-New Honda Jazz di Singapura Rp 1 Miliar

SINGAPURA – All-New Honda Jazz segera meluncur di Singapura. Akan tetapi, karena pajak mobil yang tinggi di sana, harganya luar biasa mahal yaitu mulai dari Rp 1,02 miliar.

Jazz generasi keempat tersebut, seperti dilaporkan Paultan, dipastikan mengaspal di Singapura satu waktu di kuartal pertama 2021. Distributor lokal Honda di sana, Kah Motor, saat ini sudah membuka pre-order alias pemesanan dari para konsumen.


Sekadar mengingatkan, All-New Jazz sendiri pertama kali diintroduksi dalam Tokyo Motor Show 2019. Indonesia belum tentu mendapatkan model tersebut karena agen tunggal pemegang merek (ATPM) di negara ini yakni PT. Honda Prospect Motor masih mempelajari penerimaan konsumen dalam negeri terhadap desainnya yang dinilai amat berubah menjadi kurang sporty.

Mereka membuka kemungkinan untuk mengganti Jazz dengan model lain seperti City hatchback. Model ini sendiri sudah diregistrasikan di situs Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) DKI Jakarta dengan banderol Rp 200 jutaan.


Orang kaya di Indonesia yang penasaran ingin melihat perubahan desain ‘radikal’ All-New Jazz secara langsung mungkin bisa terbang ke Singapura ketika model ini sudah resmi meluncur. Di sana, All-New Jazz bakal dipasarkan dalam tiga varian yakni 1.5 Base CVT, 1.5 Home CVT, serta H-Luxe Hybrid CVT. Seluruh varian bisa dibuat lebih keren dengan opsi bernama ‘LX Package’.

Jangan kaget dengan harga dari model ini di Singapura. All-New Jazz 1.5 Base CVT sebagai yang termurah nantinya dijual seharga SGD 95.999 (Rp 1,02 miliar, SGD 1 = Rp 10.638,45) yang sudah termasuk Certificate of Entitlement (COE).

All-New Jazz 1.5 Home kelak berbanderol SGD 98.999 (Rp 10,05 miliar). Sementara, All-New Jazz 1.5 H-Luxe Hybrid memerlukan mahar Rp SGD 100.999 (Rp 1,07 miliar) yang sudah termasuk potongan harga SGD 15.000 (Rp 159,57 juta) berkat insentif mobil ramah lingkungan dari program Vehicle Emission Scheme (VES) pemerintah.


Untuk perbandingan, harga on-the-road Jakarta Jazz generasi ketiga di Indonesia mulai dari Rp 255 juta saja per Januari 2021. Tipe tertinggi pun cuma Rp 298,5 juta.

Sebagai informasi, Singapura memang dinobatkan sebagai kota termahal di dunia. Negara kota (city state) ini juga menerapkan pajak mobil luar biasa tinggi, dengan ‘ganjaran’ sistem transportasi umum kota yang sangat terkoneksi bagi warga mereka.

Berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, banyak instrumen pajak mobil yang dikenakan kepada pembeli. Instrumen-instrumen pajak itu misalnya COE, Open Market Value (OMV), Additional Registration Fee (ARF), Excise Duty, Registration Fee, cukai polusi dari program VES, Road Tax, IU Fee, Car Plate Fee.

Bicara spesifikasi, All-New Jazz dengan sistem penggerak konvensional di Singapura mengandalkan mesin bensin 1.5-liter VTEC yang menggelontorkan daya 119 hp serta torsi 145 Nm. Adapun yang hybrid menggunakan i-MMD System dengan perpaduan mesin bensin 1.5-liter plus dua motor yang menghasilkan tenaga 124 hp dan torsi 253 Nm. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar