Pabrikan Mobil Sultan ini Klaim 2020 Sebagai Tahun Penjualan Terbaiknya, Kok Bisa?

Berita Otomotif

Pabrikan Mobil Sultan ini Klaim 2020 Sebagai Tahun Penjualan Terbaiknya, Kok Bisa?

LONDON - Pabrikan mobil kelas sultan asal Inggris ini mengklaim mampu meraih prestas terbaik pada 2020, penjualan meningkat meski di dunia terjadi gonjang-ganjing akibat pandemi Covid-19.

Rasanya tak mudah membayangkan ada pabrikan mobil memiliki penjualan terbaiknya pada 2020. Ini tentu mengingat bahwa hampir seluruh pabrikan melakukan penutupan operasinya di beberapa tempat terutama yang terdampak parah pandemi Covid-19.

Tapi tidak dengan Bentley Motor Limited. Mereka baru-baru ini mengumumkan bahwa permintaan untuk produk-produk Bentley tahun lalu sangat tinggi, bahkan saat ini terpaksa harus meningkatkan produksi melebih kapasitas.

Bentley sendiri dikabarkan telah mengirimkan 11.026 unit mobil pada 2020 dan merupakan penjualan terbaik sepanjang 101 tahun sejarah mereka. Raihan tersebut meningkat 2 persen dibanding 2019 yang kala itu sudah tergolong sangat luar biasa bagi Bentley.  

Amerika Serikat tetap menjadi pasar terbesar dengan penjualan 3.035 unit atau meningkat 4 persen. Sementara pertumbuhan penjualan terbesar tercatat di China dengan peningkatan 48 persen menjadi 2.880 unit.

Wilayah Eropa sendiri tetap menjadi penyumbang penjualan di urutan 3 bagi Bentley. Angkanya mencapai 2.193 unit, turun 18 persen dibandingkan penjualan 2019.Pabrikan Mobil Sultan ini Klaim 2020 Sebagai Tahun Penjualan Terbaiknya, Kok Bisa?
Bentley sejatinya bukan tanpa masalah selama pandemi Covid-19. Di awal Maret hingga 7 minggu kemudian, mereka terpaksa menghentikan produksi. Dan kemudian mereduksi produksi dari biasanya sebesar 50 persen selama 9 minggu setelahnya.

Mereka kemudian melakukan desain ulang pada fasilitas produksi demi bisa terus berproduksi di masa pandemi untuk memenuhi permintaan pelanggan. Selain itu mereka juga tetap melakukan peluncuran model-model baru yang membuat penjualan mereka melesat di 2020.

Lebih lanjut, Bentley menyebutkan bahwa Continental GT menyumbang 24 persen dari total penjualan dan GT Convertible menyumbang 15 persen. Sementara Bentayga menjadi model terlaris dengan menyumbang 37 persen penjualan.

Pabrikan Mobil Sultan ini Klaim 2020 Sebagai Tahun Penjualan Terbaiknya, Kok Bisa?
Adrian Hallmark, Chairman and CEO of Bentley Motors mengatakn bahwa tahun depan pihaknya tetap optimis danmun tentu penuh dengan kehati-hatian. Ini tentu disebabkan karena situasi perkembangan dunia yang masih tidak menentu.

Adrian juga menambahkan bahwa Bentley akan meluncurkan produk baru yakni Bentayga Hybrid. Mobil ini merupakan satu dari sembulan model baru yang mereka punya.

"Satu hal yang tidak kami tinggalkan adalah komitmen untuk maju dan langkah pertama adalah meluncurkan Bentayga Hybrid. Akan diluncurkan tahun ini karena kami melanjutkan jalur strategis Beyond100 kami dan perjalanan kami yang dipercepat untuk menjadi perusahaan mobil sepenuhnya memproduksi mobil listrik pada 2030," tutup Adrian. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar