Siap-siap, Mobil China Chery Masuk Indonesia Akhir 2021

Berita Otomotif

Siap-siap, Mobil China Chery Masuk Indonesia Akhir 2021

JAKARTA – Akhirnya, ketahuan juga kapan pabrikan mobil China, Chery akan kembali aktif lagi di pasar otomotif Indonesia. Pergerakan mereka bakal dimulai dalam hitungan bulan.

Chery, melalui akun Instagram resminya @cherymotorsindonesia, baru-baru ini meminta para follower mereka mengisi sebuah survei online. Disebutkan bahwa pendapat para warganet amat berharga dan sangat penting bagi perencanaan produk di masa mendatang.

Bukan itu saja yang Chery sebutkan di dalam unggahan tersebut. Produsen mobil yang bermarkas di Wunhu, Anhui, China ini juga membeberkan informasi sangat strategis yang lain.

“Kami akan masuk Indonesia akhir tahun ini. Terima kasih selalu ikuti kami,” tulis mereka.

SUV China Chery Tiggo 8

‘Sinyal’ ingin kembali hadir di jagat roda empat Tanah Air sudah Chery berikan sejak awal 2021, dengan membuat akun resmi di platform-platform media sosial seperti Facebook (Chery Indonesia) serta Instagram.

Keinginan pabrikan mobil China, Chery masuk ke Indonesia telah dikonfirmasi oleh pengurus Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), asosiasi resmi untuk merek-merek mobil penumpang serta niaga global yang ‘bermain’ di dalam negeri.

“Sudah, sudah berkomunikasi (dengan kami). Mereka memang berencana untuk masuk ke Indonesia. Detailnya belum ada. Mereka hanya menyampaikan rencananya. Hanya sampai di situ. Lebih lanjutnya lagi saya belum mendapatkan informasi,” papar Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara saat dihubungi Mobil123.com, Mei lalu.

merek mobil China Chery

Pada Juli, Chery sedikit memberikan petunjuk soal model-model yang mereka bakal bawa ke negeri ini. Kata kuncinya dua, yaitu SUV dan teknologi canggih.

“Selain menawarkan berbagai varian SUV, kami juga akan menghadirkan teknologi termutakhir untuk pengalaman berkendara yang luar biasa,” sebut mereka dalam keterangan resmi.

Sekadar mengingatkan, Chery pernah hadir dan berjualan di Indonesia pada awal 2000-an. Namun, bisnis mereka tak bertahan lama dan akhirnya menghilang.

Pengamat Otomotif Bebin Djuana dalam wawancara dengan Mobil123.com beberapa waktu lalu menilai ‘pekerjaan rumah’ mereka ketika memulai lagi bisnis di Indonesia cukup berat, karena punya cerita yang tak indah di masa lalu.

Bebin juga menyarankan Chery untuk membangun pabrik perakitan di Tanah Air, agar bisa kompetitif sekaligus menunjukkan keseriusan kepada para calon konsumen. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar