Pabrik Suzuki Cikarang Sedot Seribuan Karyawan

Berita Otomotif

Pabrik Suzuki Cikarang Sedot Seribuan Karyawan

BEKASI - Suzuki kini memiliki 4 pabrik di Indonesia. Hari ini (29/5), Suzuki membuka pabrik ke-4 di Cikarang Pusat, kabupaten Bekasi,  yang menyerap 1.153 tenaga kerja.

Seperti diketahui, Suzuki tengah berbahagia di Indonesia. Penjualan mobil mereka di Indonesia tidaklah kecil. Untuk itu, pabrik baru dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan baik domestik maupun ekspor.

Pabrik baru Suzuki itu berdiri di atas tanah seluas 130,7 hektar/1.307.00 m2 . Jumlah itu terbagi menjadi 2 bangunan dengan 2 proses produksi, di antaranya adalah Power Train Production dan Assembly Production.

Untuk Power Train Production itu sendiri memiliki luas bangunan 35.200 m2 dengan jumlah karyawan 484 orang. Di tempat ini para pekerja pabrik melakukan pembuatan mesin mulai dari seperti casting, machining, dan assembling.

Sedangkan proses produksi transmisi seperti casting, forging, machining dan assembling juga dilakukan di pabrik ini.

Sementara di Assembly Production, kegiatan Pressing, Welding, Painting Body, Resin, Seat, Assembling, dan Final Inspection dilakukan di bangunan seluas 71.050 m2 dengan jumlah karyawan 668 orang.

Meski melibatkan banyak pekerja, untuk menunjang kegiatan proses produksi, pabrik ini juga dilengkapi dengan mesin dan robot berteknologi terkini dan modern.

Teknologi tersebut yang menjadi keunggulan dari pabrik PT Suzuki Indomobil Motor Cikarang ini, di mana hampir seluruhnya menggunakan teknologi robotic sehingga dapat melakukan proses kerja yang lebih akurat, efektif dan efisien.

"Kami akan terus berinvestasi di Indonesia mengikuti perkembangan negara ini," lugas Chairman Suzuki Motor Corporation (SMC), Osamu Suzuki.

Selain hal-hal tadi, pabrik ini juga memiliki fasilitas Forging (membuat Gear sendiri) dan Seat (membuat jok mobil),   yang di dalam industri otomotif Indonesia masih jarang atau belum semua pabrik memiliki fasilitas tersebut.

Dengan adanya 2 proses produksi dan teknologi tersebut, pabrik ini memiliki kapasitas produksi 106.000 unit per tahun untuk perakitan/assembling body. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual