Oli Bekas Jangan Dibuang, Masih Ada Gunanya

Berita Otomotif

Oli Bekas Jangan Dibuang, Masih Ada Gunanya

JAKARTA – Oli mesin bekas pakai ternyata masih bisa digunakan namun bukan pada mesin namun sebagai pelumas beberapa komponen dan lainnya.

Sesuai hakikatnya, oli mesin berfungsi untuk melumasi ruang bakar agar tidak terjadinya gesekan berlebih antara beberapa komponen berbahan logam. Oli diharapkan dapat membuat kinerja mesin bekerja secara optimal. Pelumas mesin sendiri memiliki masa pakai di dalam ruang bakar, setiap pabrikan motor dan oli telah menetapkan siklus penggantian masing-masing.

Oli mesin yang sudah masuk masa untuk penggantian, sebaiknya diganti dengan yang baru. Lalu bagaimana nasib oli bekas pakai, apakah bisa dibuang begitu saja. Dikutip dari laman Evalube Lubricants, pelumas bekas pakai masih bisa dipergunakan kembali untuk beberapa peralatan.

  • Penghilang karat pada besi

Oli bekas pakai ini dikatakan bisa dipergunakan kembali untuk menghilangkan karat pada komponen berbahan besi. Caranya dengan mengoleskan pada permukaan karat yang terdapat ada besi, lalu tunggu beberapa saat dan bersihkan dengan lap kasar. Kemudian siram atau bilas dengan air bersih. Ulangi prosesnya agar mendapatkan hasil yang sempurna

  • Pengawet kayu

Oli bekas disebutkan bisa menjadi bahan pengawet kayu. Caranya agar bisa menjadi bahan pengawet kayu adalah dengan cara mencampurkannya dengan minyak solar dengan perbandingan 1 : 1. Oleskan campuran tersebut pada permukaan kayu dengan menggunakan kuas. Cara ini cukup sukses mencegah kayu dari kerusakan.
Oli Bekas

  • Pelumas rantai

Selain dua fingsi di atas, oli usang juga bisa digunakan untuk melumasi rantai. Namun sebelumn dimanfaatkan untuk pelumas rantai, harus dilihat berapa banyak kotoran yang terdapat pada oli bekas tersebut. Oli bekas yang yang tidak terlalu kotor, dapat digunakan untuk mencegah rantai aus karena terlalu kering.

  • Jadi bahan bakar

Fungsi terakhir yang bisa dimanfaatkan dari oli bekas adalah sebagai bahan bakar darurat. Sifatnya yang mudah terbakar, pelumas usang dapat digunakan sebagai alternatif yang efisien. Saat berkemah, oli bekas bisa dijadikan sebagai lampu emergency.

Fungsi – fungsi oli mesin selain melindungi berbagai komponen di ruang bakar, ternyata banyak fungsi lainnya. Dengan penggunaan yang bijak, pelumas yang telah usang masih bisa bermanfaat untuk pemiliknya maupun lingkungan sekitar. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar