Malas Ganti Oli, Ini yang Akan Terjadi Pada Motor Kesayangan

Berita Otomotif

Malas Ganti Oli, Ini yang Akan Terjadi Pada Motor Kesayangan

JAKARTA – Oli mesin motor harus rutin diganti agar tidak menyebabkan keausan pada beberapa komponen dan akhirnya menyebabkan kerusakan.

Oli atau pelumas seperti diketahui memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya gesekan berlebih pada mesin. Oli yang baik juga harus tahan terhadap suhu tinggi dan tidak mudah berubah jenis. Pelumas sendiri dari setiap pabrikan telah ditetapkan masa pakainya, sehingga konsumen harus lebih perhatian akan durasinya.

Konsumen yang kerap abai dalam hal penggantian oli, maka akan merasakan berbagai kesulitan. Motor akan terasa berbeda terutama dalam hal performa apalagi urusan kenyamanan balam berkendara. Berikut ini beberapa masalah yang timbul karena malas mengganti oli.

Tidak nyaman

Saat malas mengganti oli, maka motor akan mengalami getaran berlebih. Dalam hal ini konsumen akan merasa terganggu terutama saat berada di tengah kemacetan. Masalah getaran juga bisa membuat pengendara lebih cepat lelah.

Getaran berlebih juga bisa memperpendek usia komponen-komponen yang terbuat dari karet. Meskipun tidak langsung, namun perlahan-lahan karet akan rusak karena terkena getaran yang hebat. Selain itu, getaran juga bisa membuat baut-baut pada motor jadi terlepas

Panas

Ketika pengguna motor melewatkan waktu untuk mengganti oli, maka molekul-molekul yang ada dan bertugas melindungi mesin akan berkurang fungsinya. Pelumas menjadi tidak sanggup lagi melindungi mesin dari gesekan.
malas ganti oli
Berawal dari gesekan, mesin juga akan mengalami gejala panas berlebih. Ketidakmampuan oli dalam melindungi komponen ruang bakar akhirnya membuat ruang bakar menjadi lebih panas dari biasanya. Saat suhu semakin panas, maka akan membuat oli hangus terbakar lalu volumenya berkurang.

Boros

Kelanjutan dari panas berlebih di ruang bakar, berlanjut pada oli yang kotor karena penuh gram akibat gesekan berlebih. Selain itu, volume oli juga berkurang dan membuat mesin harus bekerja lebih keras dari biasanya.

Mesin yang harus bekerja lebih berat dari biasanya juga mengakibatkan konsumsi bahan bakar lebih banyak. Tidak jarang motor yang kerap melewatkan masa untuk mengganti oli lebih cepat mengalami kerusakan. Maka rawatlah mesin motor dengan baik agar tidak menyebabkan kerugian. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar