nuTonomy Segera Menjadi Taksi Otonom Pertama di Dunia

Berita Otomotif

nuTonomy Segera Menjadi Taksi Otonom Pertama di Dunia

CAMBRIDGE – Mengalahkan Uber, nuTonomy segera menjadi taksi otonom pertama di dunia.

 

Era taksi modern dengan otonomus car tak lama lagi bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Sebuah perusahaan bernama nuTonomy baru-baru ini melakukan ujicoba terbuka untuk umum taksi tanpa supir ini.

Perusahaan asal Singapura ini telah memulai pengujian tertutup sejak April 2016 dengan menggunakan Renault Zoe dan Mitsubishi i-MiEV. nuTonomy memodifikasi dua kendaraan tersebut untuk menjadi kendaraan otonom alias tanpa supir.

Masyarakat Singapura bisa gratis mencoba taksi otonom. Caranya cukup mengaktifkan aplikasi nuTonomy dan melakukan pemesanan sama dengan taksi online biasa.

Selama masa ujicoba, seorang mekanik ikut mendampingi dan siap mengambil alih kemudi jika terjadi gagal fungsi pada kendaraan.

Tidak disebutkan berapa unit kendaraan yang akan disiapkan nuTonomy. Namun perusahaan yang baru berumur 3 tahun ini dipastikan akan meresmikan taksi otonom pada 2018.

Dalam laporan selama pengujian, taksi otonom ini mampu menghindari pejalan kaki dan mobil yang sedang terparkir. Mobil juga berjalan dengan sangat lembut sehingga tidak membuat mabuk perjalanan.

Seorang penumpang juga sempat mengeluarkan pernyataan bahwa dari sisi kualitas otonom, Mitsubishi i-MiEV dibilang lebih baik dari Tesla karena secara umum dapat berkendara lebih aman dan nyaman.

Namun sepertinya hal ini tidak serta merta dapat menggantikan posisi taksi konvensional. Karena secara keseluruhan taksi otonom masih jauh dari sempurna dan para penumpang masih belum terbiasa mengantungkan nyawanya pada kendaraan otonom.

Sejatinya membuat taksi otonom juga dalam rencana perusahaan taksi online Uber. Bekerjasama dengan Volvo, Uber berencana melakukan ujicoba bulan depan. nuTonomy ternyata berhasil melakukannya lebih cepat.  [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual