Nissan Qashqai ePower dan Hybrid akan Diluncurkan 2021

Mobil Baru

Nissan Qashqai ePower dan Hybrid akan Diluncurkan 2021

PARIS – All-new Nissan Qashqai akan diluncurkan pada musim semi 2021. Saat ini, generasi ketiga Nissan Qashqai tersebut sedang menjalani pengujian.

Prototipe-prototipe model baru ini sedang menjalani tes di jalan-jalan Eropa. Nissan Qashqai baru akan membangun posisinya sebagai pelopor dan tolok ukur di segmen crossover menengah di Eropa sejak 2007.

Generasi ketiga model ini akan menggunakan platform Alliance CMF-C baru, yang diklaim merupakan sebuah karya teknik canggih, inovasi dan teknologi canggih.

Qashqai saat ini, yang mulai dijual di Eropa pada 2014, telah terjual lebih dari satu juta unit sejak diperkenalkan pada 2007. Penjualan kumulatif model ini melebih 3 juta unit.

“ Nissan Qashqai baru akan mengubah apa yang dapat diharapkan para pelanggan dari mobil keluarga. Kenyamanan, kehalusan, dan teknologi akan berasal dari kategori mobil yang lebih tinggi, sementara pengalaman berkendara akan memuaskan pengemudi dan penumpang. Dengan teknologi e-POWER yang berani dari Nissan, kami merasa bahwa para pelanggan akan jatuh cinta dengan rasa powertrain listrik, tanpa masalah jangkauan,” kata Gianluca de Ficchy, Chairman, Nissan Wilayah Afrika, Timur Tengah, India, Eropa dan Oseania (AMIEO ).

Seperti dua generasi sebelumnya, desain Qashqai baru dipimpin oleh tim di Nissan Design Europe, yang berbasis di pusat kota London (Inggris), sementara tekniknya dipimpin oleh Nissan Technical Center Europe, yang berlokasi di Cranfield, Bedfordshire (Inggris).

Dalam hal konstruksi, body memanfaatkan bahan-bahan yang lebih ringan, serta teknik stamping dan pengelasan canggih untuk meningkatkan kekuatan tetapi juga mengurangi berat. Untuk pertama kalinya, pintu belakang hatchback Qashqai sekarang terbuat dari material komposit, sehingga menghemat 2,6kg.

Penggunaan aplikasi Ultra High Strength Steel (UHSS) Nissan telah meningkat sebesar 50% pada struktur Qashqai baru. Material UHSS memastikan kekuatan tarik setinggi mungkin dalam struktur body yang membutuhkannya, sebagai bagian dari struktur benturan, misalnya - tetapi tanpa penalti bobot yang signifikan. Secara tradisional, material dengan kekuatan tarik yang lebih tinggi menimbulkan masalah dalam pengelasan atau penyambungan ke bagian lain dari struktur. Dengan tubuh Qashqai yang berwarna putih, ikatan struktural telah digunakan untuk membentuk tulangan dan ikatan berkekuatan tinggi di mana pilar A-, B- dan C bergabung dengan tiang atap dan lantai.

Pintu depan/belakang, fender depan, dan kap mesin terbuat dari aluminium. Semuanya memangkas bobot sebesar 21kg.

Secara keseluruhan generasi ketiga Qashqai akan lebih ringan 60 kg dan 41% lebih kaku dari generasi kedua. Dengan begitu generasi yang akan datang akan lebih nyaman dikendarai, halus dan response-nya seperti mobil-mobil yang berada di atasnya.

Nissan Motor Europe akan memberikan 2 solusi powertrain 1.300 cc:

  • Mild hybrid dengan baterai lithium-ion
  • ePower

Mobil ini pun akan diperkaya oleh sistem bantuan pengemudi ProPILOT dengan Navi-link, sistem telah dirancang untuk mengurangi kelelahan dan stres saat mengemudi, sekaligus sangat intuitif untuk digunakan. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar