Nissan dan Mitsubishi Lanjutkan Kolaborasi Bikin Mobil Kecil

Berita Otomotif

Nissan dan Mitsubishi Lanjutkan Kolaborasi Bikin Mobil Kecil

TOKYO - Nissan dan Mitsubishi melanjutkan kolaborasi mengembangkan compact car generasi baru. Kedua perusahaan ini juga menggandeng perusahaan joint venture-nya yang dinamakan NMKV Co.

Kedua perusahaan bertujuan untuk mengembangkan produk yang lebih kompetitif dengan mengoptimalkan alokasi sumber daya yang sudah ada dari masing-masing perusahaan. Kolaborasi pertama kali antara Nissan dan Mitsubishi saat resmi mendirikan NMKV Co pada Juni 2011, di mana saat itu kedua perusahaan berkomitmen untuk membuat mobil kecil di Jepang atau lebih dikenal dengan sebutan Kei Car.

Mobil kecil pertama hasil kerja sama mereka adalah Nissan Dayz dan Mitsubishi eK Wagon, yang diluncurkan pada Juni 2013, diikuti oleh peluncuran Nissan Dayz Roox dan Mitsubishi eK Ruang pada bulan Februari 2014.

Pada akhir September 2015, total kendaraan diproduksi oleh NMKV Co telah mencapai 500.000 unit seperti dalam keterangan resmi Nissan. Di samping itu, kedua perusahaan juga memiliki rencana untuk menghasilkan mobil kecil bertenaga listrik (EV) untuk pasar mobil Jepang.

Pengumuman waktu peluncuran mobil listrik dan mobil kompak generasi terbaru ini akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Keterlibatan Nissan dalam operasi pengembangan mobil kecil generasi berikutnya akan memungkinkan memudahkan mengaplikasikan fitur keselamatan dan teknologi ramah lingkungan pada kendaraan yang lebih besar," kata Hiroto Saikawa, Nissan CCO.

Sementara itu Tetsuro Aikawa Mitsubishi President and COO mengatakan, "Untuk Mitsubishi, minicars adalah segmen utama yang menyumbang lebih dari setengah dari total penjualan kami di Jepang. Dengan menggabungkan kekuatan masing-masing melalui NMKV, kami akan terus memperkenalkan produk-produk menarik bagi konsumen." [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter


M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support