Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Nissan Akui Ada Kesalahan Dalam Pengujian Emisi Gas Buang

Berita Otomotif

Nissan Akui Ada Kesalahan Dalam Pengujian Emisi Gas Buang

YOKOHAMA – Nissan Motor Co., Ltd mengakui bahwa pihaknya telah melakukan kesalahan terhadap hasil uji emisi kendaraannya yang dijual di Jepang.

Sejak ditemukan ketidaksesuaian dalam proses pemeriksaan akhir kendaraan (kanken) pada pabrik Nissan di Jepang pada September 2016 dan adanya perintah peningkatkan operasional dari Japanese Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT), Nissan melakuan pemeriksaan kepatuhan di pabriknya.

Dari pemeriksaan tersebut, Nissan menemukan bahwa ada kesalahan pada pemeriksaan emisi gas buang dan tes pengukuran efisiensi bahan bakar dalam kanken. Nissan menemukan bahwa kesalahan ini mempengaruhi kendaraan yang diproduksi di pabrik Nissan untuk pasar domestik kecuali pabrik Nissan Motor Kyushu.

Dalam hasil pemeriksan tersebut, Nissan menegaskan dua hal. Pertama adalah emisi gas buang dan tes efisiensi bakan bakar telah menyimpang dari lingkungan pengujian yang dilakukan. Kedua adalah adanya pembuatan laporan inspeksi berdasarkan pengukuran yang salah.

Nissan pun akan melaporkan hasil investigasi ini ke MLIT. Nissan pun paham dan menyesali atas kesalahan dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan pada para stakeholders atas kesalahan ini. Nissan pun telah melakukan beragam langkah agar mencegah terulangnya kesalahan ini di masa depan.

Sebuah investigasi yang komprehensif terkait pemeasalahan tersebut sedang dilakukan. Nissan pun mempertahankan firma hukum Jepang yaitu Nishimura dan Asahi untuk melakukan penyelidikan terkait kasus ini agar penyebabnya dapat ditemukan.

Nissan pun mengkonfirmasi bajwa semua kendaraan yang diproduksi kecuali Nissan GT-R tetap sesuai dengan standard keamanan Jepang. Dan meski terjadi kesalahan, namun nilai rata-rata pengukuran emisi gas buang masih sesuai dengan aturan di Jepang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang