Nissan Akui Ada Kesalahan Dalam Pengujian Emisi Gas Buang

Berita Otomotif

Nissan Akui Ada Kesalahan Dalam Pengujian Emisi Gas Buang

YOKOHAMA – Nissan Motor Co., Ltd mengakui bahwa pihaknya telah melakukan kesalahan terhadap hasil uji emisi kendaraannya yang dijual di Jepang.

Sejak ditemukan ketidaksesuaian dalam proses pemeriksaan akhir kendaraan (kanken) pada pabrik Nissan di Jepang pada September 2016 dan adanya perintah peningkatkan operasional dari Japanese Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT), Nissan melakuan pemeriksaan kepatuhan di pabriknya.

Dari pemeriksaan tersebut, Nissan menemukan bahwa ada kesalahan pada pemeriksaan emisi gas buang dan tes pengukuran efisiensi bahan bakar dalam kanken. Nissan menemukan bahwa kesalahan ini mempengaruhi kendaraan yang diproduksi di pabrik Nissan untuk pasar domestik kecuali pabrik Nissan Motor Kyushu.

Dalam hasil pemeriksan tersebut, Nissan menegaskan dua hal. Pertama adalah emisi gas buang dan tes efisiensi bakan bakar telah menyimpang dari lingkungan pengujian yang dilakukan. Kedua adalah adanya pembuatan laporan inspeksi berdasarkan pengukuran yang salah.

Nissan pun akan melaporkan hasil investigasi ini ke MLIT. Nissan pun paham dan menyesali atas kesalahan dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan pada para stakeholders atas kesalahan ini. Nissan pun telah melakukan beragam langkah agar mencegah terulangnya kesalahan ini di masa depan.

Sebuah investigasi yang komprehensif terkait pemeasalahan tersebut sedang dilakukan. Nissan pun mempertahankan firma hukum Jepang yaitu Nishimura dan Asahi untuk melakukan penyelidikan terkait kasus ini agar penyebabnya dapat ditemukan.

Nissan pun mengkonfirmasi bajwa semua kendaraan yang diproduksi kecuali Nissan GT-R tetap sesuai dengan standard keamanan Jepang. Dan meski terjadi kesalahan, namun nilai rata-rata pengukuran emisi gas buang masih sesuai dengan aturan di Jepang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual