Nilai Saham Meningkat, Keuntungan GM Naik

Berita Otomotif

Nilai Saham Meningkat, Keuntungan GM Naik

DETROIT – General Motors (NYSE: GM) mengumumkan laba bersih kuartal ketiga 2015 kepada para pemegang saham umum senilai US$ 1,4 miliar atau US$ 0,84 per dilusi saham.

 

Angka tersebut meningkat jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu, US$ 1,4 miliar atau US$ 0,81 per dilusi. Pencapaian ini diraih berkat peningkatan kinerja operasional selama kuartal ketiga diimbangi dengan kerugian bersih dari produk-produk khusus.

Laba per lembar saham telah disesuaikan bagi produk-produk khusus yang sebelumnya US$ 1,50, meningkat 55 persen jika dibandingkan dengan kuartal ketiga pada tahun 2014. Sejak setahun lalu sampai hari ini pada kuartal ketiga, laba per lembar saham yang disesuaikan sebelumnya US$ 3,63, meningkat 96 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pendapatan kuartal ketiga sebelum pajak dan bunga (earnings before interest and tax (EBIT)) yang disesuaikan yaitu senilai US$ 3,1 miliar dan marjin EBIT yang disesuaikan sejumlah 8,0 persen, keduanya merupakan rekor untuk tiap kuartal. Angka ini dibandingkan dengan EBIT yang disesuaikan sebesar US$ 2,3 miliar dan EBIT marjin yang disesuaikan sejumlah 5.8 persen pada kuartal ketiga di tahun 2014.

“Hasil-hasil tersebut mencerminkan kerja kami dalam memanfaatkan kekuatan kami di Amerika Serikat dan Tiongkok, saat menentukan langkah-langkah proaktif untuk mengurangi tantangan di tempat lain,” ungkap CEO GM Mary Barra.

Laba bersih untuk pemegang saham biasa mencakup rugi bersih dari produk-produk khsusus senilai US$ 1,5 miliar sebelum pajak, atau US$ 0,66 per dilusi pajak untuk kuartal ini. Produk khusus meliputi US$ 0,9 miliar berkaitan dengan Deferred Prosecution Agreement yang ditempuh oleh Kejaksaan Amerika Serikat untuk hal-hal yang berhubungan dengan penarikan starter, dan sekiranya US$ 0,6 miliar untuk penyelesaian tindakan sipil tertentu yang melibatkan penarikan produk pada tahun 2014, termasuk penarikan starter.

Laba bersih selama kuartal ketiga adalah US$ 38,8 miliar jika dibandingkan dengankuartal ketiga tahun 2014 yang berjumlah US$ 39,3 miliar. Perubahan pada laba bersih lebih dikaitkan kepada dampak negatif dari nilai tukar mata uang asing. Jika mengacu pada nilai tukar yang stabil, laba bersih berjumlah US$ 2,3 miliar lebih tinggi jika dibandingkan dengan kuartal ketiga pada tahun 2014. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual