Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ngeri, BMW i3 Ini Terbakar Jadi Debu

Berita Otomotif

Ngeri, BMW i3 Ini Terbakar Jadi Debu

JAKARTA - Bila mobil listrik terbakar, efeknya nampak lebih besar dibanding mobil konvensional. Lihat saja BMW i3 yang terbakar ini. Tubuhnya ludes hingga menyisakan debu.

Pada insiden ini, ada dua mobil yang terlibat yakni BMW Seri 3 dan BMW i3. BMW Seri 3 masih bisa dikenali, sementatra BMW i3 hanya tinggal tumpukan puing semata karena memang BMW i3 tidak memiliki rangka baja seperti yang digunakan oleh mobil konvensional.

Menurut Autoevolution, si pemilik BMW i3 mengatakan bahwa, setelah api telah padam, frame aluminium dan alas baterai masih utuh. Beberapa bagian dari bahan serat karbon juga masih utuh.

Namun, tidak dijelaskan kenapa insiden kebakaran mobil ini bisa terjadi.

Sebagai informasi, mobil yang meraih gelar Green Car of the Year Award 2015 ini merupakan salah satu mobil listrik terlaris di dunia. 

BMW i3 diklaim menawarkan akselerasi sangat responsif bermodal motor listrik 170 hp dengan rekayasa chassis canggih. 

Motor listrik yang hanya memiliki berat 50 kg ini diklaim mampu membuat i3 hanya butuh waktu 3,7 detik untuk berakselerasi dari diam sampai 60 km/jam. Untuk akselerasi 0-100 km/jam mmobil mungil ini butuh waktu 7,2 detik. Sementara itu, kecepatan puncak (topspeed) mobil listrik ini dibatasi hanya sampai 150 km/jam.

Baterai lithium-ion yang digendong mobil ini  menyediakan tenaga untuk BMW i3 menjelajah antara 130-160 km sebelum harus diisi kembali tenaganya.

Di sisi lain, BMW i3 juga memiliki mesin dua-silinder berkapasitas 650 cc.  Mesin bensin bertenaga 35 hp ini akan bertugas sebagai generator untuk membuat mobil ini mampu menjelajah hingga 300 km.

Sedangkan untuk bobotnya, mobil ini memiliki berat hanya 1.195 kg berkat penggunaan serat karbon yang diperkuat plastik di banyak bagian. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter
 

 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang