Negara-negara Asia Hingga Afrika Menjual Mobil DFSK Rakitan Indonesia

Berita Otomotif

Negara-negara Asia Hingga Afrika Menjual Mobil DFSK Rakitan Indonesia

JAKARTA – Merek mobil China DFSK tak hanya melakukan perakitan di Indonesia demi pasar lokal. Pasar ekspor pun mereka rambah, bahkan sampai ke Benua Afrika.

Jenama tersebut, melalui keterangan resmi baru-baru ini, mengklaim model-model rakitan dalam negeri telah berhasil menembus 14 negara. Tak hanya Benua Asia yang menjadi negara tujuan ekspor, tapi juga Benua Afrika.

Negara-negara yang ada di dalam daftar antara lain adalah Malaysia, Brunei Darussalam, Myanmar, Filipina, Thailand, Vietnam, Bangladesh, Maroko, Nepal, dan lain-lain.

Sekadar mengingatkan, DFSK masuk ke Indonesia dengan terlebih dahulu mendirikan pabrik yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten. Nilai investasi untuk fasilitas berkapasitas produksi 50 ribu unit per tahun ini mencapai 150 juta dollar AS.

Pabrik tersebut diresmikan pada akhir 2017. Tak lama sesudahnya, DFSK, yang merupakan singkatan Dongfeng Sokon, memulai penjualan domestik.

DFSK Glory i-Auto

Lima dari enam model yang dijual DFSK di Indonesia yaitu low SUV Glory 560, medium SUV Glory 580 serta Glory i-Auto, pikap kecil Super Cab, maupun minibus/van Gelora sudah dirakit di sana.

Hanya Gelora E, mobil listrik di segmen niaga, yang masih diimpor dari luar negeri. Gelora E sendiri merupakan satu-satunya kendaraan komersial bertenaga listrik murni di pasar Indonesia.

Lebih lanjut, sepanjang Januari sampai Oktober 2021, jumlah mobil DFSK rakitan Tanah Air yang diekspor mencapai 1.766 unit. Volume tersebut diklaim meroket 119 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

DFSK Super Cab

Public Relations and Media Manager PT. Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi menjelaskan visi DFSK sejak awal membangun pabrik di Indonesia memang menghadirkan kendaraan berkualitas yang bisa diterima tak hanya di dalam negeri, tapi juga luar negeri.

DFSK sudah berkomitmen untuk berakar kuat di Indonesia, memperluas jangkauan khususnya ke Asia Tenggara, serta mendistribusikan mobil-mobil mereka ke seluruh dunia.

“Sejalan dengan visi pemerintah dalam meningkatkan ekspor otomotif yang sedang digunakan sekarang ini,” pungkas Achmad. [Xan/Ses]

Temukan mobil baru dari berbagai merek di sini



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar