DFSK Glory 580 Buatan Indonesia Mulai Dijual di Hong Kong

Berita Otomotif

DFSK Glory 580 Buatan Indonesia Mulai Dijual di Hong Kong

JAKARTA – Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 580 rakitan Indonesia mulai dijual di Hong Kong.

Merek asal China ini masuk ke Tanah Air dengan membangun pabrik di Serang, Banten berteknologi robotik ‘Industry 4.0’ yang resmi beroperasi akhir 2017. Saat ini mereka menjual sport utility vehicle (SUV) Glory 580, Glory 560, plus pikap kecil Super Cab.

Agen pemegang merek DFSK di Indonesia, melalui keterangan resmi pada awal pekan ini, mengumumkan Hong Kong akan menjadi negara tujuan ekspor unit utuh (Completely Built Up/CBU) terbaru mereka. Adapun modelnya adalah pesaing Honda CR-V, Glory 580.

“Hong Kong merupakan kota finansial Asia yang mempesona dan menjadi pasar utama merek-merek otomotif kelas atas, serta menjadi salah satu tahap tertinggi di pasar kendaraan setir kanan Asia. Kini per November 2019, batch pertama DFSK Glory 580 yang diproduksi di pabrik PT Sokonindo Automobile berhasil menyelesaikan proses Bea Cukai dan resmi memasuki pasar otomotif Hong Kong,” ungkap Franz Wang, Managing Director of Sales Center of PT Sokonindo Automobile.

Vasplex Motor Co. Ltd menangani pemasaran dan penjualan Glory 580 buatan Nusantara di Hong Kong. Sebagai inisiasi, mereka mendatangkan 30 unit Glory 580 1.5 CVT Comfort dari pabrik DFSK di Serang, Banten.

Volume ekspor akan terus ditingkatkan. Pada 2020, jumlahnya diproyeksikan mencapai 1.000 unit.

Meski baru seumur jagung, DFSK telah melakukan ekspor CBU maupun terurai (Completely Knock Dowm/CKD). Ekspor CBU mereka, berdasarkan penelusuran Mobil123.com di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, sebelum ini hanya Super Cab dengan tujuan Filipina.

Glory 580 serta Super Cab juga diekspor secara CKD ke beragam negara. Ada Sri Lanka, Myanmar, Filipina, China, Maroko, Bangladesh, Nepal, Tanzania, dan Vietnam.

"Ekspor yang dilakukan saat ini sesuai dengan strategi kami yakni 'Berakar di Indonesia, Berekspansi ke Asia Tenggara, dan Diekspor ke Seluruh Dunia'. Sebagai basis manufaktur global, pabrik di Indonesia menjadi landasan utama bisnis DFSK di luar negeri dengan konsep One Belt, One Road. DFSK Indonesia telah memainkan peranan penting sebagai jembatan Sokon Group mengembangkan bisnisnya ke seluruh penjuru dunia," tutup Franz. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar