Mulai Diproduksi, Ini Penampakan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid!

Berita Otomotif

Mulai Diproduksi, Ini Penampakan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid!

KARAWANG - Toyota Kijang Innova Zenix, yang memiliki varian hybrid, menampakkan diri sebelum peluncurannya. Model ini sendiri sudah mulai dirakit di Indonesia.

Seremoni perakitan Kijang generasi ketujuh itu berlangsung pada Senin (21/11/2022) di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Plant 1, Karawang, Jawa Barat.

Turut hadir, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, CEO of Asia Region for Toyota Motor Corporation (TMC) and President of Toyota Motor Asia Pacific Hao Quoc Tien, President Director TMMIN Warih Andang Tjahjono, dan jajaran eksekutif Toyota lainnya.

Peluncuran Kijang Innova Zenix sendiri bakal berlangsung siang hari ini.

Line off ceremony Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid (Foto: Insan/Mobil123)

"Hari ini adalah world premiere (debut global) dari generasi terbaru kendaraan ikonik Kijang. Model ini sekaligus menjadi kendaraan elektrifikasi pertama yang diproduksi secara lokal oleh Toyota Indonesia," kata Hao dalam kata sambutannya.

Kijang, sebut dia, pertama kali meluncur pada 1977 sebagai kendaraan niaga. Model tersebut lalu berevolusi menjadi kendaraan penumpang untuk keluarga sekaligus salah satu model terpenting dalam ekspor Toyota dari Tanah Air dengan tujuan 50 negara.

Toyota sendiri, menurut Hao, masuk ke era elektrifikasi dengan strategi Multi Pathway yang berisikan berbagai macam teknologi mulai dari kendaraan konvensional berbahan bakar biofuel, hybrid, plug-in hybrid (PHEV), battery electric vehicle (BEV/mobil listrik murni), fuel cell vehicle (FCV/mobil hidrogen). Dengan demikian, jenama tersebut bisa masuk ke era elektrifikasi tanpa perlu menunggu infrastruktur pengecasan.

Kijang Innova Zenix dia katakan sebagai milestone strategi elektrifikasi yang bisa dijangkau oleh masyarakat kebanyakan.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid (Foto: Insan/Mobil123)

"Kami percaya (Kijang Innova Zenix) dapat meraih skala yang besar, menjadi model mobil listrik terjangkau, serta untuk ekspor. Tak hanya kendaraannya, baterai hybrid-nya juga dirakit di Toyota Indonesia," tukasnya.

Airlangga mengatakan kehadiran Kijang Innova Zenix menjadi penanda dimulainya realisasi investasi Toyota sebanyak 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp28,3 triliun dalam lima tahun untuk strategi elektrifikasi di negeri ini.

"Selamat atas peluncuran kendaraan sejuta umat Kijang dan harapannya bisa diekspor ke 50 negara (seperti generasi sebelumnya--Red)," tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Kijang Innova Zenix diperlihatkan secara utuh meski belum resmi mengaspal. Airlangga pun didaulat menjajalnya keliling pabrik. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang