Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kini 6 Bulan, Inden Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Bisa Makin Lama

Berita Otomotif

Kini 6 Bulan, Inden Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Bisa Makin Lama

JAKARTA – Inden Toyota Kijang Innova Zenix hybrid yang mencapai enam bulan diakui bisa menjadi tambah lama pada masa-masa awal penjualan.

Diberitakan sebelumnya, hanya sekitar dua pekan setelah meluncur pada 21 November 2022, total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Kijang Innova Zenix mencapai sekitar 4.000 unit. Sebanyak 80 persennya dikontribusikan oleh varian-varian hybrid.

Daftar varian Kijang Innova Zenix sendiri secara garis besar adalah G gasoline CVT, G hybrid CVT, V gasoline CVT, V Modellista hybrid CVT, Q Modellista hybrid CVT.

Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy membeberkan inden Kijang Innova Zenix hybrid bisa mencapai setengah tahun karena tingginya permintaan. TAM selaku agen pemegang merek terus berkoordinasi dengan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai pabrikan untuk menambah kapasitas produksinya.

“Sementara ini rata-rata (inden Kijang Innova Zenix hybrid) lima sampai enam bulan. Cuma, kan, ini bergerak, ya, situasinya. Kami pasti mencoba catching up (mengejar) juga,” ujar Anton merespons pertanyaan Mobil123.com usai Toyota End Year Gathering pada 8 Desember 2022 di Senayan, Jakarta.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Namun, Anton menegaskan kalau hal tersebut membutuhkan waktu. Dalam prosesnya, inden pun disebut berpotensi makin lama.

“Saya rasa kalau trennya masih kontinu, akan ada (penambahan waktu inden). Kemungkinan begitu, sementara ini,” sebutnya.

Lebih lanjut, Anton belum bisa memastikan kapan suplai Kijang Innova Zenix hybrid bakal bertambah. Pasalnya, TMMIN pun menurutnya mesti mengecek lagi kesiapan material, komponen, dan produksi.

“Kami harus menunggu kesiapan di TMMIN dan pemasok juga, ya. Awal bulan ini kami sudah sampaikan, mereka akan jawab kira-kira di pertengahan Desember. Kemudian, pada akhir Desember dan awal Januari kami informasikan lagi. Jadi, kami akan mencoba mengejar setiap bulan,” lontarnya.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Anton menilai waktu inden yang lama bukan isu yang sepenuhnya negatif. Ini biasa terjadi pada awal masa penjualan model-model yang diminati pasar, seperti dahulu dialami Toyota Raize tipe teratas yang memiliki Toyota Safety Sense.

“Mungkin, yang harus saya luruskan adalah tidak selamanya permintaan Kijang Innova Zenix akan seperti ini. Kami memperkirakan ini hanya di awal. Satu, dua, tiga bulan. Setelah itu biasanya akan mulai ketemu pola normalnya,” nilainya.

“Nah, pada saat ketemu pola normalnya kan berarti tinggal menjawab inden tiga bulan pertama saja, kan, sebenarnya,” tutup Anton. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang