Mudik Dilarang, Polda Metro akan Awasi Sampai ke Jalan Tikus

Berita Otomotif

Mudik Dilarang, Polda Metro akan Awasi Sampai ke Jalan Tikus

JAKARTA – Polda Metro Jaya bakal ketat mengawal dan mengamankan larangan mudik 2020 akibat pandemi virus Corona. Para petugas akan disebar hingga ke berbagai ‘jalan tikus’ yang menuju ke luar Ibu Kota.

Diberitakan sebelumnya, Larangan mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini diumumkan Presiden Joko Widodo pada 21 April kemarin. Larangan mudik itu akan efektif berlaku mulai 24 April, dengan penindakan bagi pelanggar sesuai sanksi berlaku mulai 7 Mei.

Sebagai tindaklanjut, Polda Metro Jaya sudah menyatakan akan membuat 19 titik pantau tersebut berada di jalan tol maupun nontol. Di luar 19 titik pantau, nantinya ada pula pos-pos pengawasan di jalur-jalur tikus di perbatasan Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek).

“Baik yang kami sebutkan tadi 19 pos pam utama, tapi di jalur tikus ada pos check point PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) masih berlaku dan Polsek juga akan turut awasi, jadi jalur motor, jalur tikus itu pasti ada pengawasannya,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Puromo Yogo, Rabu (22/4/2020), seperti dikutip dari situs resmi NTMC Polri.

PSBB sendiri adalah pembatasan orang dan barang yang saat ini dilakukan karena pandemi, atas izin Kementerian Kesehatan. Daerah yang sudah diizinkan melakukan ini selain Jadetabek plus Bogor adalah Pekan Baru serta Bandung Raya, Tegal, Makassar, Banjarmasin, Tarakan. Terakhir, Kemenkes juga memberi izin pada Surabaya, Gresik Sidoarjo, Gowa.

Plt Menteri Perhubungan Luhut Binsar Panjaitan beberapa waktu lalu menjelaskan larangan mudik tak hanya berlaku bagi Jakarta dan sekitarnya. Semua daerah yang menerapkan PSBB dan yang menjadi zona merah Corona pun masuk dalam kebijakan ini.

Pemetaan Jalur Tikus
Lebih lanjut, jalur-jalur kecil yang masih muat kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor ini akan dijaga oleh jajaran Polda Metro Jaya, Polres, dan Polsek. Semua Polsek yang ada perbatasan ke luar wilayah Jadetabek, jelas Sambodo, akan membuat pos pantau pelarangan mudik ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menambahkan bahwa kepolisian sudah memetakan jalur-jalur tikus yang dapat menjadi akses keluar – masuk Jadetabek. Di semua jalur itu, aku Yusri, pasti bakal ada petugas.

“Sudah di-mapping beberapa tempat daerah jalur tikus yang disampaikan tadi sudah di-mapping dan disiapkan pengamanan untuk bisa sortir kendaraan roda dua yang keluar dari Jakarta, itu anggota sudah kita siapkan,” tukas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar