Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tips Perawatan Ban Agar Mudik dengan Aman, Ala Michelin

Berita Otomotif

Tips Perawatan Ban Agar Mudik dengan Aman, Ala Michelin

JAKARTA - Bagi Anda yang berencana mudik menggunakan mobil pribadi sebaiknya melakukan persiapan terlebih dahulu agar perjalanan mudik lebih aman dan nyaman, seperti kita ketahui mudik sudah menjadi budaya yang umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, terutama berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. Terlebih lagi, musim mudik tahun ini berbarengan dengan potensi cuaca ekstrem selama periode pancaroba yang diprakirakan berlangsung pada Maret-April 2024.

Michelin Indonesia melalui Mochammad Fachrul Rozi selaku Product Marketing Manager PT Michelin Indonesia memberikan tipsnya.

"Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kendaraan dengan cermat dan menyeluruh, terutama untuk komponen ban. Mengingat ban adalah titik kontak utama antara kendaraan dan permukaan jalan, memastikan kondisi ban yang optimal sangatlah penting agar perjalanan mudik senantiasa aman, lancar, dan nyaman," sebut Fachrul Rozi

Berikut beberapa tips persiapan perjalanan mudik yang aman terkait dengan perawatan ban:

  • Periksa Tekanan Ban secara Rutin: Pastikan untuk memeriksa tekanan udara pada ban secara rutin, terutama sebelum melakukan perjalanan panjang. Tekanan udara yang tepat tidak hanya meningkatkan kinerja ban, tetapi juga meminimalkan risiko kecelakaan. Selalu pastikan untuk menjaga tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrikan kendaraan.
  • Periksa Kondisi Ban secara Berkala: Periksa kondisi ban, termasuk kedalaman alur dan keausan. Ban yang aus atau rusak dapat mengurangi traksi dan stabilitas kendaraan, terutama dalam kondisi cuaca ekstrem seperti hujan deras atau jalanan basah. Konsultasikan secara rutin dengan ahli ban dan kaki-kaki kendaraan untuk memastikan pemeriksaan menyeluruh, termasuk penyetelan roda, penyeimbangan, dan rotasi. Langkah preventif ini tidak hanya memperpanjang umur ban, tetapi juga berkontribusi pada kinerja dan keselamatan kendaraan secara keseluruhan.
  • Gunakan Ban yang Memiliki Performa Baik di Segala Medan: Pertimbangkan untuk menggunakan ban yang memiliki performa optimal di medan basah maupun kering. Ban dengan performa baik akan meningkatkan traksi dan stabilitas kendaraan, mengurangi risiko kecelakaan terutama dalam kondisi cuaca ekstrem.
  • Jaga Ban Cadangan dengan Tekanan Angin Lebih Tinggi dari Standar: Pastikan ban cadangan memiliki tekanan udara yang cukup, bahkan lebih tinggi dari standar, untuk menjaga ketersediaannya saat dibutuhkan dalam kondisi darurat.
  • Hindari Penggunaan Semir Ban yang Berbahan Dasar Minyak: Untuk memperpanjang umur ban dan menjaga kondisinya, hindari penggunaan semir ban yang berbahan dasar minyak. Sebaiknya gunakan semir berbahan dasar air. Atau tidak tau semir yang digunakan berbahan dasar air atau minyak sebaiknya ban dibersihkan saja.

Michelin Indonesia, perusahaan mobilitas bagian dari Michelin Group dan pemimpin dalam industri ban, senantiasa mengutamakan keselamatan dan pengalaman berkendara.

Sai Banu Ramani, President Director PT Michelin Indonesia, menegaskan dedikasi Perusahaan dalam menyediakan solusi ban berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia. "Keselamatan dan pengalaman berkendara yang optimal adalah prioritas utama bagi Michelin. Bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan mudik atau liburan di Hari Raya, kami menyediakan produk Michelin dan BFGoodrich dengan standar keselamatan yang tinggi dan performa yang cocok untuk segala medan."

Garansi Ban 

Pemberian garansi yang sama dan komprehensif untuk produk ban Michelin dan BFGoodrich dilakukan karena berdasarkan hasil uji internal Michelin, tidak ada perbedaan performa antara ban yang baru diproduksi dengan ban yang berumur tiga tahun dengan penyimpanan yang baik. Michelin berkomitmen terhadap kepuasan pelanggan dengan menjaga keandalan produk dan memberikan penawaran garansi enam tahun, untuk produk Michelin dan BFGoodrich. 

Dengan garansi yang luas ini, pelanggan dapat dengan percaya diri menggunakan produk ban Michelin dan BFGoodrich, mengetahui bahwa mereka didukung oleh keandalan dan jaminan kualitas dari perusahaan terkemuka dalam industri ban.

Dengan memperhatikan tips persiapan perjalanan mudik yang aman, terutama terkait dengan perawatan ban, Anda dapat memastikan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan, serta menghindari risiko kecelakaan akibat kondisi ban yang buruk. Segera lakukan pemeriksaan kendaraan dan persiapkan diri dengan baik sebelum memulai perjalanan mudik bersama keluarga.

[Ryn/YS]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang