Modifikasi Civic Nova Lebih dari Rp 600 juta

Berita Otomotif

Modifikasi Civic Nova Lebih dari Rp 600 juta

JAKARTA – Ricky Dianto menjadi ‘Ultimate Builder’ di kontes modifikasi ‘NMAA Top 30 Modified Cars’ yang digelar di AutoPro Indonesia 2017.

Pria berusia 34 tahun asal Jakarta ini rela merogoh kocek lebih dari 600 juta untuk mempercantik Honda Civic Nova 1990. Ia  memadukan mobil ini dengan berbagai komponen dari Honda Civic Type R 2007 yang dibelinya di Malaysia. 

Pada awalnya, Ricky melakukan modifikasi untuk meningkatkan performa sebagai penyalur hobi balapnya terutama di sirkuit Sentul. Namun NMAA melihat mobil ini memiliki banyak sekali potensi juara di kontes modifikasi. Selaku salah satu member NMAA, Ricky akhirnya mengikutsertakan mobil ini dalam kontes ‘NMAA Top 30 Modified Cars’.

Ubahan pada Civic Nova ini meliputi sektor mesin, kelistrikan, ECU, lingkar roda, interior dan sistem AC. Hanya pada bentuk body dan kaki-kaki saja yang original.

Honda Civic Nova Ricky Dianto

Mengusung konsep racing, Ricky Dianto menyematkan mesin Honda Civic Type R 2007. Mesin berkapasitas 2.000 cc ini memiliki ukuran sangat besar sehingga dashboard dan interior terpaksa dimundurkan hingga 30 cm.

Posisi dashboard dan interior yang dimundurkan ini bertujuan untuk menyeimbangkan berat body depan dan belakang. Ricky juga menambahkan audio pada bagian belakang sehingga rasio berat kendaraan menjadi 60:40.

Interior Honda Civic Nova Ricky Dianto

Dengan ubahan mesin, mobil ini memiliki tenaga sebesar 300 hp melalui test dyno. Namun untuk performa ketika di sirkuit masih belum teruji karena Ricky membutuhkan waktu untuk beradaptasi dalam mengemudikan mobil ini.

“Mobil ini susah dikendalikan, jadi saya belum bisa memastikan catatan waktu mobil ini ketika melibas sirkuit Sentul,” tutur Ricky.

Proses pengerjaannya sendiri memakan banyak waktu. Pada proses pertama, mobil ini dikerjakan selama 1 tahun 2 bulan. Sedangkan pengerjaan tahap selanjutnya baru saja selesai pada Kamis (23/2).

“Mobil ini pertama kali masuk bengkel Firna Protechnik pada akhir 2014. Kebetulan om Wiewie Rianto sendiri yang mengerjakan proses modifikasi ini,” tambah Ricky.

Secara total biaya yang dihabiskan untuk melakukan modifikasi ini lebih dari Rp 600 juta. Namun setelah semua proses selesai, Ricky merasa puas akan mobil modifikasinya.

"Mobil ini punya semua unsur yang telah ditetapkan baik itu konsep dan detail menurut tim juri. Kalau nanti dipamerkan di ajang internasional bisa membanggakan Indonesia," tutur Ted Diesta, tim juri NMAA Top 30 Modified Cars.

Sayangnya, meski telah meraih gelar bergengsi, Ricky telah memutuskan untuk tidak akan mengikuti kontes modifikasi lainnya dengan mobil ini. [Amo/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual