Mobileye Siap Jadi Mata Ketiga Pengendara Mobil

Berita Otomotif

Mobileye Siap Jadi Mata Ketiga Pengendara Mobil

JAKARTA - Di beberapa kendaraan premium, fitur-fitur seperti pengereman otomatis ataupun peringatan dini ketika kecelakaan, memang sudah banyak ditemukan. Lantas bagaimanaya jika ingin memiliki fitur tersebut, namun dengan menggunakan mobil yang anda miliki saat ini?

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan fitur peringatan dini yang dikeluarkan oleh MobilEye. Alat ini memiliki beberapa fungsi seperti FCW (Forward Collision Warning), PCW (Pedestrian Collision Warning, LDW (Lane Departure Warning), HMW (Headway Monitoring & Warning), IHC (Intellingent High-Beam Control) hingga SLI (Speed Limit Indication).

“FCW ini bertujuan memberikan peringatan berupa bunyi ketika kendaraan melaju mendekati kendaraan lain didepan dan berpotensi kecelakaan. Sistem ini bekerja dengan satuan detik dan bukan jarak. Jadi ketika mobil melaju dengan kecepatan tertentu dan mobil di depan sudah terlalu dekat, maka FCW akan berbunyi agar si pengendara bisa segera menekan pedal rem,” ungkap Louis Daniel Woen, Sales and Operation Director PT Bina Putera Sejati siang hari tadi.

Sementara PCW memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan FCW, namun dengan objek yang sedikit berbeda. MobilEye memberitahu pengemudi melalui suara hingga 2 detik sebelum kecelakaan. “Mobileye akan mendeteksi pejalan kaki yang lewat sehingga pengendara bisa menghindari kecelakaan.”

LDW memiliki fungsi yang lebih rumit. Pasalnya fitur ini akan memberikan peringatan berupa gambar dan suara ketika mobil bergerak keluar lajur tanpa memberikan lampu sein.

“Jadi alat ini bisa membaca marka jalan. Jika mobil bergerak keluar jalur (menginjak marka) tanpa menyalakan lampu sein, maka pengemudi akan diingatkan dengan suara,” jelasnya.

HMW memiliki fungsi untuk memantau dan memberi peringatan jarak antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya. Ini bertujuan untuk memberi peringatan pada pengendara agar menjaga jarak aman. Sedangkan IHC mampu mengontrol penggunaan lampu jauh dan lampu dekat sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi terakhir adalah SLI yang mampu mengenal rambu batas kecepatan. “Fungsi ini adalah untuk memberi peringatan pada pengendara bila mobil melampaui kecepatan yang diperbolehkan.”

MobiEye ini bisa dihubungkan ke semua kendaraan, dengan biaya Rp 12,5 juta. “Alat ini tidak akan menghilangkan garansi kendaraan. Kami juga tengah mengajukan alat ini kepada APM dalam negeri agar digunakan di kendaraan-kendaraan mereka,” tutupnya.

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support