Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Warna Silver Lebih Irit?

Berita Otomotif

Mobil Warna Silver Lebih Irit?

CALIFORNIA - Jika Anda memiliki mobil berwarna silver, maka patut berbangga karena sudah turut menjaga kelestarian lingkungan hidup. Lho apa hubungannya?

Berdasarkan hasil penelitian dari Enviromental Energy Technologies Division, mobil dengan warna putih, silver dan warna terang lain mampu memantulkan sinar matahari 60% lebih baik dibandingkan dengan wana hitam.

Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa  dengan semakin baik daya tolak sinar matahari, maka kondisi kabin akan lebih mudah dingin. Dengan demikian konsumsi bahan bakar mobil dengan warna cerah akan lebih hemat ketimbang dengan yang wana hitam.

Dalam penelitian, mereka mempergunakan 2 unit Honda Civic yang memiliki kondisi sama namun berbeda warna. Satu hitam dan yang satu lagi silver. Kedua mobil tersebut menjalani 5 fase penelitian di bawah sinar matahari langsung. Setiap fase terdiri dari 1 jam AC mati dan 30 menit dengan AC yang dinyalakan secara maksimal.

Peneliti pun melakukan pengukuran secara terus menerus terhadap suhu atap, plafon, dashboard, kaca depan, kursi, pintu, ventilasi udara dan suhu udara kabin. Hasilnya, mobil siver menemukan bahwa pada atap mobil silver, suhunya lebih rendah 25 ° C jika dibandingkan dengan mobil berwarna hitam.

Dengan suhu yang rendah, maka orang akan menggunakan AC dengan tenaga yang lebih rendah. Dengan demikian maka konsumsi bahan bakar akan bisa lebih rendah hingga 2%. Efek domino penghematan bahan bakar pun dimulai. Jika mobil silver bisa menghemat bahan bakar hingga 2 persen saja, maka emisi karbon akan bekurang 1,9 persen dan mengurangi emisi otomotif lainnya sekitar 1%.

Dan bayangkan jika bahan bakar bisa ditekan 2% dari setiap kendaraan, ada berapa liter bahan bakar yang bisa dihemat oleh Pemerintah. Tentu ini akan lebih menghemat APBN Negara kita ketimbang harus membuang-buangnya karena subsidi BBM bukan? [Adi/Ikh]

Temukan Mobil Baru dan Mobil Bekas di sini

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang