Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Transparan yang Unik

Berita Otomotif

Mobil Transparan yang Unik


YOKOHAMA - Mobil transparan yang pernah dipamerkan oleh Jaguar Land Rover tidak lama lagi akan mendapat pesaing. Adalah Susumu Tachi dan Msahiko Inami siap membuat mobil transparan di masa depan.

Dua profesor lulusan Universitas Keio Jepang itu mencoba berinovasi untuk mengubah wajah industri otomotif dunia dengan membuat pemandangan realita sesungguhnya dari dalam mobil. Teknologi yang dimaksud membuat sekitar mobil terlihat jelas dari dalam mobil, seperti tembus pandang. Contohnya ketika pengemudi hendak parkir, maka pengemudi cukup melihat ke bagian kursi belakang, maka akan menampilkan visual  luas tanpa mengandalkan kaca spion.

Aktivitas sekitar mobil seperti peseda, pesepedamotor dan lainnya juga sangat jelas terlihat dari dalam mobil. Memang teknologi ini terlihat konyol, tapi mereka mengklaim teknologi tersebut dikembangkan untuk menghindari kecelakaan.

Bagaimana teknologi itu bekerja? Jadi sistem itu menggunakan kamera, kaca untuk menampilkan gambar, proyektor. Tahap awal, Susumu Tachi dan Msahiko Inami menguji coba teknologi tersebut pada Toyota Prius.

Kamera yang diletakkan di belakang mobil akan merekam gambar dan mengirim ke komputer. Setelah itu komputer akan mengirim visual ke proyektor dan selanjutnya ditembakkan ke kaca yang tersemat di bagian tengah antara penumpang depan dan belakang.

Sejauh ini, mereka telah berhasil menggunakan sistem tersebut tanpa penumpang belakang. Sebab pandangan akan terganggung jika ada penumpang atau benda apapun yang berada di belakang kaca ukuran 30 cm x 30 cm itu. Namun, para kreator itu jelas terus mengembangkan teknologi cerdas itu agar bisa digunakan di mobil masa depan secara komersial.

Para ilmuwan Jepang itu mengklaim sudah bekerja sama dengan beberapa produsen mobil demi percepatan penggunaan fitur itu. [Ikh/Idr]

Temukan Mobil Baru dan Mobil Bekas

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang