Mobil Pengangkut BBM Terbakar di SPBU Pertamina MT Haryono

Berita Otomotif

Mobil Pengangkut BBM Terbakar di SPBU Pertamina MT Haryono

JAKARTA – Sebuah mobil tangki pengangkut BBM terbakar di SPBU Pertamina 31.128.02 MT Haryono siang hari tadi.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, kendaraan dengan plat nomor B 9132 SEI tersebut terbakar saat parkir di SPBU. Rencananya, mobil tangki tersebut akan mengisi persediaan BBM di SPBU namun mengalami kendala listrik padam. Saat menunggu listrik menyala itulah truk tangki terbakar.

Saat terjadinya kebakaran, sempat terdengar ledakan yang cukup keras dan mengakibatkan kepanikan di sekitar lokasi. Untungnya api berhasil cepat dipadamkan sehingga tidak merembet ke lokasi lain dan menyebabkan kerugian lebih besar. Hingga kini masih belum diketahui penyebab dari kebakaran tersebut.

Kejadian ini pun sempat menyebabkan kemacetan panjang di kawasan tersebut. Meski demikian kemacetan berhasil terurai setelah api dipadamkan. Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam kejadian ini dan jumlah kerugian material.

Bukan Pertama Kali

Truk pengangkut BBM

Sebelumnya, kebakaran juga pernah terjadi lokasi yang sama. Perbedaannya, ketika itu kebakaran terjadi pada salah satu cafe di SPBU tersebut. Kebakaran pun berhasil dipadamkan tanpa melebar ke SPBU di bagian depan cafe.

Kebakaran di SPBU juga pernah terjadi di SPBU Pertamina di Palu, Sulawesi Tengah. Ketika itu, sebuah mobil Avanza berwana hitam sedang Pengemudi pun langsung turun dari kursi dan keluar kendaraan. Petugas SPBU juga buru-buru melepas nozzle dari tangki BBM, menaruhnya kembali, dan menjauh.

Dalam kondisi pintu mobil di sisi pengemudi masih terbuka, si sopir dengan cepat menjauhkan mobil dari SPBU. Akan tetapi, sebelum Avanza berwarna hitam dan dengan nomor pelat DP 571 AP itu benar-benar keluar area SPBU, kap depan meletup dan mengeluarkan bara api cukup besar.

Beruntung, lokasi mobil sudah cukup jauh dari tempat dispenser BBM. Pengemudi keluar mobil dan terlihat panik. Para petugas SPBU terlihat cepat menghampiri dengan membawa tabung-tabung pemadam kebakaran. Api dapat dipadamkan sebelum kejadian yang lebih buruk terjadi. Diharapkan dengan kejadian ini PT Pertamina melakukan evaluasi keselamatan SPBU agar kejadian tidak terulang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar