Mobil Masa Depan VW Berkomunikasi dengan Pengguna Jalan Pakai Lampu Canggih

Berita Otomotif

Mobil Masa Depan VW Berkomunikasi dengan Pengguna Jalan Pakai Lampu Canggih

WOLFSBURG – Mobil masa depan Volkswagen (VW) memiliki lampu canggih yang membuat kendaraan dapat berkomunikasi dengan para pejalan kaki atau kendaraan lain.

VW pada akhir pekan ini dikabarkan telah memperkenalkan teknologi lampu depan serta lampu belakang canggih. Pabrikan asal Jerman ini mengklaim teknologi tersebut akan membuat mobil-mobil mereka kelak mampu berinteraksi dengan para pengguna jalan lain.

Pada lampu depan, nantinya terdapat micro-pixel HD dengan 30 ribu titik pencahayaan yang tak hanya membuat penerangan kendaraan menjadi lebih luas, tapi juga mampu memproyeksikan bermacam informasi ke permukaan jalan. Contoh sederhananya adalah memproyeksikan simbol panah ke arah yang ingin dituju ketika akan berbelok.

Mobil juga mempunyai sensor infra merah untuk mendeteksi keberadaan pengguna jalan lain dari arah berlawanan, untuk kemudian mengurangi sebagian pencahayaan sehingga tak terlalu menyilaukan.

Teknologi ini dapat pula mencetuskan fitur-fitur kenyamanan dan keselamatan baru bagi para pengendara seperti Optical Lane Assist. Fitur ini memproyeksikan jalur kendaraan melalui lampu depan. Dengan demikian, pengemudi dapat lebih mengetahui lebar mobil agar tak berjalan terlalu ke pinggir atau terlalu ke tengah.

Pada lampu belakang, terdapat teknologi matrix clusters yang membuatnya bisa membuat logo-logo atau huruf-huruf. Dengan begitu, mobil dapat memperingatkan kendaraan lain atau memberitahu kondisi tenaga baterai saat mobil sedang dicas. Pemilik mobil dapat pula memodifikasi tampilan cahaya lampu sein sesuai selera.

Lampu buritan juga menyediakan fitur Optical Park Assist yang mirip dengan Optical Lane Assist. Optical Park Assist berfungsi memproyeksikan garis-garis bantuan di permukaan jalan saat parkir.

VW sekarang masih melakukan pengujian terhadap teknologi lampu canggih tersebut di pusat riset dan pengembangan di Wolfsburg, Jerman. Salah satu pabrikan otomotif terbesar dunia ini mengunakan terowongan dengan panjang 100 meter, lebar 15 meter serta tinggi 5 meter untuk mensimulasikan jalan di siang maupun malam hari. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar