Mobil Listrik di Indonesia bakal Bertambah, MG 5 EV ‘Segera Meluncur’

Berita Otomotif

Mobil Listrik di Indonesia bakal Bertambah, MG 5 EV ‘Segera Meluncur’

TANGERANG – Mobil listrik MG sedang bersiap hadir di Indonesia tak lama dari sekarang.

Jumlah model mobil listrik murni, pada awal era elektrifikasi kendaraan di pasar Indonesia, bisa dihitung dengan jari. Selain dua model dari Hyundai yaitu Kona Electric serta Ioniq Electric, saat ini hanya ada antara lain BMW i3s, Lexus UX 300e, produk-produk dari Tesla, maupun DFSK Gelora E.

MG atau Morris Garage, merek mobil asal Inggris yang sudah diakuisisi oleh SAIC Motor China, bakal bergabung di dalam daftar yang pendek tersebut.

Pasalnya, Marketing and Public Relations Director PT. SAIC Motor Indonesia (MG Indonesia) Arief Syarifudin mengungkapkan rencana menghadirkan mobil listrik MG 5 EV untuk pasar Nusantara. Soal waktunya, dia hanya mengatakan ‘segera diluncurkan’, tanpa merincikan lebih lanjut.

“Kami bisa klaim bahwa ini (5 EV) merupakan station wagon listrik pertama di dunia,” ucap dia dalam diskusi bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, 11-21 November kemarin di Serpong, Tangerang.

mobil listrik MG 5 EV di GIIAS 2021

5 EV sendiri dibawa oleh MG ke GIIAS 2021 sebagai mobil eksebisi. Mereka pun memamerkan sedan sport coupe MG 5 GT yang juga bakal mengaspal di Indonesia pada masa mendatang.

Arief belum membeberkan banyak info mengenai spesifikasi 5 EV. Ia hanya menjelaskan station wagon bebas emisi gas buang ini memiliki jarak tempuh maksimal 380 km berdasarkan pengetesan dengan metode NEDC. Baterainya berkapasitas 50,3 kWh.

Baterai tersebut dilengkapi lagi oleh Permanent Magnet Synchronous Motor dan memiliki sertifikasi tahan air IP67.

“Jadi, hanya mitos kalau ada yang bilang mobil listrik dibawa ke genangan, ke hujan akan menyetrum,” tegas dia.

mobil listrik MG 5 EV di GIIAS 2021

Charging port di 5 EV memiliki dua tipe, CCS serta CCS2, sehingga fleksibel untuk dicas di fasilitas pengisian daya mobil listrik mana pun. Termasuk berbagai Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang sudah ada di Indonesia.

Di SPKLU fast charging, kapasitas baterai 0-80 persen sudah bisa tercapai dalam 40 menit saja.

MG 5 EV juga fungsional berkat kapasitas bagasi 464 liter yang bisa diperbesar sampai dengan 1.456 liter. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar