Mobil Ini Bisa Berjalan di Atas Rel

Mobil Baru

Mobil Ini Bisa Berjalan di Atas Rel

LONDON – Bagaimana jadinya bila mobil bisa digunakan di atas rel? Kalau di Indonesia mungkin hal tersebut masih jauh dari mungkin. Namun di Inggris, hal tersebut sangat mungkin.

Mengambil platform dari Smart ForFour, Smart mengembangkan mobil terbaru mereka yang diberi nama Smart Forrail. Forrail ini dilengkapi dengan roda baja berukuran 22" dengan berat hingga 80 kg. Kombinasi keduanya diyakini mampu menghadirkan traksi yang dibutuhkan pada rel.

Forrail ini didesain oleh Interfleet, sebuah perusahaan kereta Inggris yang berbasis di Derby. Mereka yang biasanya bekerja dengan mesin lokomotif berkapasitas diesel berkapasitas 16 liter dan berbobot 70 ton, kini harus melakukan penyesuaian dengan menggunakan mesin 999 cc dan berbobot 1 ton.

Kelincahan mobil yang biasanya dihadirkan dari lingkar kemudi dihilangkan agar dapat digunakan di atas rel. Untuk menghindari gerakan kemudi, alumunium dilas di antara as roda sehingga roda terkunci sempurna.

Rencananya, Forrail ini akan hadir pada akhir pekan ini di Bluebell Railway. Perjalanan sejauh 10 mil yang melaju terus ke Sussex akan menjadi ajang pembuktian kenyamanan berkendara dari Smart Forrail, dan menjadi kereta terkecil yang ada diatas rel. [Adi/Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support