Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Honda Brio Bekas Harga 40 Juta, Apakah Ada?

Mobil Bekas

Mobil Honda Brio Bekas Harga 40 Juta, Apakah Ada?

Mobil Brio bekas 40 juta memang tidak tersedia. Tapi, banyak yang menawarkannya dengan uang muka (down payment/DP) minim yang bahkan hanya belasan juta rupiah.

Mobil Brio bekas 40 juta, menurut penelusuran Mobil123.com, banyak dicari oleh para warganet di internet. Brio sendiri merupakan salah satu mobil terlaris di Indonesia sekarang ini, tak hanya di segmennya (city car) tapi di pasar otomotif Indonesia secara umum.

Brio merupakan mobil yang sudah melanglang buana selama 10 tahun di Indonesia. Sejak pertama kali hadir, kendaraan mungil tersebut sudah mendapatkan beberapa kali pembaruan atau penyegaran model.

Honda Brio 2023

Brio berbagi platform dengan multi purpose vehicle (MPV) Honda Mobilio.

Di tengah krisis suplai cip semikonduktor yang melanda Honda sejak beberapa tahun belakangan, produksi Brio di pabrik Honda Karawang, Jawa Barat pun diutamakan dan didahulukan ketimbang ‘saudaranya’ Mobilio.

Sebelum membahas mengenai mobil Brio bekas 40 juta, mari kita simak dulu beberapa informasi terkait sejarah Brio di Indonesia maupun harga barunya untuk saat ini.

Sejarah Honda Brio di Indonesia

Honda Brio Bekas 2012

Brio pertama kali hadir di Tanah Air pada 2012 silam. Awalnya, Brio merupakan model yang diimpor utuh (completely built up/CBU) dari Thailand.

Tapi, setahun kemudian, Honda mantap merakitnya secara lokal di Karawang. Pada tahun tersebut, muncul pula Brio Satya yang ‘bertarung’ di segmen low cost green car (LCGC/mobil murah ramah lingkungan).

Di awal kemunculannya, Brio hadir dalam dua opsi mesin. Ada mesin L12B berkapasitas 1.2 liter, kemudian L13A yang berkapasitas 1.3 liter.

Tapi, pada perkembangannya, Brio 1.3 liter yang diimpor CBU kemudian tidak dijual lagi karena Honda fokus pada Brio rakitan lokal.

Salah satu ciri khas yang sangat ikonik dari Brio generasi pertama adalah pintu belakangnya yang seluruhnya terbuat dari kaca.

Honda Brio Satya bekas

Pada 2016, Honda merilis versi facelift dari Brio generasi pertama. Brio Sport 1.3-liter sebagai varian tertinggi digantikan oleh Brio RS 1.2-liter.

Pada 2018, hadirlah Brio generasi kedua. Mulai generasi ini, pintu belakangnya tidak lagi terbuat dari 100 persen kaca.

Tampilannya juga berubah makin sporti, dengan dimensi panjang 3.810 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm. Sebelumnya, dimensi panjang, lebar, maupun tingginya masing-masing 3.610 mm, 1.680 mm, 1.470 mm.

Honda Brio RS Urbanite

Honda juga sempat menghadirkan Brio RS Urbanite sebagai edisi spesial pada 2021, kemudian menyegarkannya setahun kemudian. Kendati begitu, Brio RS Urbanite dihilangkan begitu versi facelift dari Brio generasi kedua dengan gril depan yang makin menonjol keren diperkenalkan pada Mei 2023.

Fitur-fitur standar Brio terkini antara lain ialah Dual Airbag, Side Impact Beam, Seatbelt Reminder, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), dan Parking Sensor, Sistem Pengereman ABS+EBD.

Brio Satya memiliki dimensi panjang sedikit lebih pendek (3.795 mm) dan berfitur New Auto Up/Down Window with Anti-Pinch. Sementara itu, Brio RS punya tambahan seperti One Push Ignition System, Multi Information LCD Display, 7 Inch Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio, Audio Steering Switch.

Honda Brio RS 2023

Bicara mesin, Brio kini ‘dipersenjatai’ mesin 1.2-liter, SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW (Drive by Wire), dengan sistem injeksi PGM-FI.

Gelontoran daya maksimalnya mencapai 90 PS pada 6.000 rpm, dengan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm yang disalurkan pada kedua roda depan melalui transmisi manual atau transmisi otomatis CVT.

Harga Honda Brio 2023

Honda Brio Satya 2023

Harga Brio baru, per Oktober 2023, dimulai dari Rp165,9 juta on the road (OTR) Jakarta untuk tipe Satya S MT. Sementara itu, yang termahal adalah Rp246,9 juta OTR Jakarta untuk RS CVT.

Berikut adalah rincian lengkapnya:

  • Honda Brio Satya S MT Rp165,9 juta
  • Honda Brio Satya E MT Rp180,6 juta
  • Honda Brio Satya E CVT Rp194,1 juta
  • Honda Brio RS MT Rp236,9 juta
  • Honda Brio RS CVT Rp246,9 juta

Bisa dilihat bahwa harga Brio baru pun masih relatif murah untuk pasar Indonesia. Dengan uang di bawah Rp200 juta, konsumen sudah bisa mendapatkan Brio Satya.

Sedangkan, untuk Brio RS, ‘mahar’ yang dibutuhkan mencapai Rp200 juta-an.

Mobil Honda Brio Bekas Murah

Honda Brio RS 2023

Mobil Brio bekas 40 juta-an hingga saat ini masihlah angan-angan. Harga Brio bekas termurah di Mobil123.com ketika artikel ini dinaikkan adalah Rp89 juta, dengan tipe Brio Satya A MT 1.2-liter dari tahun produksi 2013. Dengan budget Rp40 juta, kalian mungkin bisa menggunakannya sebagai uang muka saat membeli Brio bekas.

Meski demikian, Brio bekas itu bisa didapatkan dengan DP hanya Rp11 juta saja. Adapun cicilannya Rp2,9 juta untuk tenor kredit 4 tahun atau Rp2,5 juta untuk tenor kredit lima tahun.

Jika ingin unit yang agak baru, ada pula Brio bekas dari tipe RS CVT tahun produksi 2019. DP-nya bisa Rp16,5 juta saja, tapi dengan cicilan agak besar yakni Rp5.157.000 selama 47 bulan.

Bicara Brio bekas dengan harga tertinggi, rekornya sementara ini dipegang oleh unit tipe RS CVT tahun produk 2023, dengan banderol Rp235 juta.

Secara total, di Mobil123.com, untuk sekarang terdapat 1.072 iklan Brio bekas yang dapat Anda telusuri sendiri.

Tentu saja, pilihan tahun produksinya sangat variatif, tergantung dari preferensi, bajet, plus kebutuhan Anda masing-masing.

Jadi, silakan berburu mobil Brio bekas idaman Anda. [Xan/YS]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang