Mobil Bertenaga Hidrogen Sulit Berkembang

Berita Otomotif

Mobil Bertenaga Hidrogen Sulit Berkembang

Volkswagen Group mengatakan bahwa kendaraan dengan bahan bakar hidrogen mungkin tidak dapat berkembang diluar Jepang. Hal ini disebebabkan karena di pemerintah Jepang memberikan subsidi yang besar hingga mencapai ¥ 3 juta (Rp 333 juta) per kendaraan. Angka ini terbilang terlalu tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara yang sekelas Jepang.

“Mungkin mobil dengan bahan bakar Hidrogen dapat berkembang di Jepang, tapi tidak secara global,” ungkap Shigeru Shoji, Presiden Volkswagen Group Jepang.

Menurutnya, ini hanya akan menjadi ‘Galapagos Syndrome’, sebuah ungkapan dimana sebuah perusahaan membuat produk yang hanya populer di negaranya. Pendapatnya ini memang terbilang masuk akal, pasalnya Toyota yang membuat mobil pertama dengan bahan bakar hidrogen pada awal tahun ini dijual dengan harga 7 juta Yen atau setara dengan Rp 775 juta, harga yang terbilang cukup mahal meski sudah mendapatkan banyak subsidi.

Meski demikian, Dion Corbettm juru bicara Toyota yang berbasis di Tokyo mengatakan bahwa teknologi ini merupakan teknologi yang benar-benar ramah lingkungan. Pasalnya, gas buang hanya berupa uap air saja.

“Biaya dari bahan bakar ini memang masih relatif mahal, untuk itu kami memerlukan dukungan subsidi dari pemerintah Jepang. Memang cukup sulit untuk melihat bahwa mobil dengan bahan bakar ini dapat ditemukan dengan mudah hanya dalam beberapa tahun kedepan,” ungkapnya.

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.   



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual