Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Bekas Suzuki Swift, Punya Basis Seperti Ertiga tapi Beda Rasa

Mobil Bekas

Mobil Bekas Suzuki Swift, Punya Basis Seperti Ertiga tapi Beda Rasa

Impresi kami soal Suzuki Swift bekas sejauh ini mobil yang sangat menarik dibandingkan dengan Honda Jazz Toyota Yaris. Mungkin namanya kurang begitu bersinar, tapi ketika kita sudah mencoba pakai, mobil ini enak dipakainya.

Pada artikel kali ini, Mobil123 akan membahas Suzuki Swift bekas, tipe GX atau tipe tertinggi. Tapi sebenarnya di atasnya masih lebih tinggi lagi yaitu, Suzuki Swift Sport. TerseSuzuki Swift dalam varian matik serta manual. Untuk yang versi Suzuki Swift tipe GX ini, transmisi matiknya masih 4 percepatan seperti biasa.

Nah apa sih yang spesial dari Suzuki Swift kita akan bahas di artikel berikut ini.

Sejarah Suzuki Swift

mobil bekas suzuki swift gx

Pertama kali Suzuki Swift keluar itu bentuknya seperti generasi pertamanya. Generasi pertama ini langsung jadi hit, karena bentuknya dinilai bagus oleh konsumen di Indonesia. Bentuknya lucu, kompak dan waktu itu juga fiturnya lumayan banyak pada zamannya. KemuSuzuki Swiftn di generasi kedua ini, terlihat bentuknya jadi tambah panjang, tambah lebar, serta bertambah tinggi.

Pada generasi pertamanya itu, Suzuki Swift dimensinya sangat kecil. Seebelumnya panjangnya hanya 3,6 meter. Tapi generasi selanjutnya tambah manjadi 3,9 meter. Jadi hampir empat meter, tetapi masih di bawahnya Honda Jazz atau Toyota Yaris pada saat itu.

Terus jika kita lihat desainnya, sebenarnya pas kita lihat langsung lihat, ternyata mobil ini tidak sekecil seperti gambar di brosur. Mobil ini lumayan besar, pas kita lihat langsung karena permainan garis bodinya itu beda sama yang generasi pertama.

Terus juga tarikan garis-garis bodinya pada generasi Swift yang pertama itu masih dipertahankan, seperti ini pilar depan yang berwarna hitam, kesannya jadi floating begitu yah.

Kemudian Swift grillnya, lampu depannya, bumpernya sampai tarikan garis bodinya ini ini masih mengingatkan kita sama Swift generasi pertama. Termasuk dengan lampu belakangnya, jadi Swift ini punya ciri khas yang kental, beda dengan generasi ketiga.

Kalau generasi ketiganya, desainnya sudah lebih agresif. Jika dulu terlihat seperti orang tersenyum, yang generasi ketiga lebih galak. Urusana mesinnya, Suzuki Swift pakai mesin yang sama seperti digunakan pada Suzuki Ertiga.

Interior Suzuki Swift

interior suzuki swift gx

Sekarang kita masuk ke dalam interiornya. Sama persis dengan Suzuki Ertiga makanya tidak perlu khawatir kalau soal spare parts, mobil ini bisa dibilang sama dengan Suzuki Ertiga, termasuk juga kayak kakinya terus juga bagian interiornya, hanya beda warna saja.

Mesinnya juga tidak rewel, dan juga irit. Tenaga mesin sama Ertiga, cuma 9000 Hp, tapi karena Suzuki Swift bodinya lebih ringan, lebih pendek dan juga lebih kecil, makanya tenaga jelas beda. Suzuki Swift ini lebih responsif dan bertenaga.

Suzuki Swift dan Ertiga sama-sama penggerak depan, dan transmisi juga sama 4 percepatan. Lalu, ke bagian belakangnya, Suzuki Swift meskipun harganya jual pada waktu diluncurkan murah, dibandingkan dengan Yaris atau Jazz.

Tapi Swift bagian belakangnya sudah pakai rem cakram, jadi bisa mengerem depan dan belakang sudah sangat baik. Di bagian belakangnya ini juga cukup lengkap, ada defogger, wiper, dan lampu di belakang, bagian buritan juga cukup bersih atau tidak memiliki desain yang berlebihan.

Berlanjut ke bagasinya Suzuki Swift bekas ini, nah karena Suzuki Swift dimensinya seperti yang kami jelaskan tadi, tidak begitu besar, otomatis juga bagasinya juga biasa saja. Ukurannya lebih kecil dan tidak bisa banyak menampung banyak barang.

Ada bagasi yang punya bibir bagasinya, ini menurut kami agak ketinggian. Jadi buat memasukan barang itu harus ke bawah. Terus di bawah bagasi ada ban serep dengan pelek kaleng warna kuning. Hanya bisa dipakai sampai kecepatan 50 Km/jam saja. Untuk pelipatan bangku belakangnya, Suzuki Swift bekas ini sudah 60:40.

Fitur Suzuki Swift Bekas

transmisi suzuki swift gx

Sekarang kita masuk dalam interiornya. Berbedan dengan Ertiga, Suzuki Swift ini kami berharap sebenernya fitur-fitur yang ada di mobil ini itu akan menular ke Ertiga yang di facelift pada waktu itu.

Tapi ternyata tidak jadi, contoh saja ini nih ini fitur keyless cuma ada di Suzuki Swift, di Ertiga tidak ada saat itu. Pada bagian AC-nya, kalau Ertiga akan semuanya pakai knob yang diputar-putar, kurang indah untuk dipandang, tapi Suzuki Swift saat sudah pakai AC digital.

Suzuki Swift juga punya layar digital, tombol-tombol sentuh di Swift juga ada. Selain itu Swift bekas ini punya fitur auto auto AC. Secara otomatis menyesuaikan semburan AC dengan temperatur yang sudah kita set. Selain itu fitur-fitur Swift yang tidak Anda dapatkan di Suzuki Ertiga, salah satunya adalah Swift punya telescopic steering.

Jika saja Ertiga seperti Suzuki Swift sudah ada AC digital dan dapat telescopic di tahun 2015 itu bisa dibilang sudah jadi mobil unggulan. Karena dari kenyamana interiornya itu sdah menang, dibandingkan dengan kompetitornya waktu itu hanya ada Avanza dan Mobilio.

Kelemahan Suzuki Swift Bekas

bagasi suzuki swift gx

Terus yang kami tidak suka dari mobil ini persis seperti punya Ertiga, sama-sama belum punya fitur Bluetooth. Jadi kalau misalnya kalian ingin lebih kekinian sebagai lebih ganti saja, karena banyak yang jual frame nya kok terseSuzuki Swift colokan USB.

Mobil ini juga tidak plug n play dengan Ertiga. Misalkan kita punya Ertiga dan mau tukar dashboard tidak bisa, karena bagian atas ini beda. Untuk Ertiga bagian atasnya lebih panjang. Kemudian Suzuki Swift setirnya sudah pakai kulit, joknya masih jok fabric disainnya agak sedikit berbeda dengan Ertiga. Suzuki Swift bekas juga punya seat belt adjuster.

Berlanjut masuk ke baris keduanya, jujur saja Suzuki Swift tidak begitu besar, tapi terbantu dengan posisi duduknya yang agak tinggi. Jadi kursinya ini kaki kita masih bisa lurus ke bawah. Hanya saja, memang bagian belakang ini agak sedikit tidak sama sandaran kepalanya.

Sandaran kepala agak keras, tidak begitu nyaman dipakai. Untuk sisi arm rest sebelah kanannya ada arm rest, tapi tidak begitu besar juga. Kalau di belakang ini cukup, di bagian ini kita dapatkan cup holder dua biji.

Urusan kenyamanan kabin di dalam Suzuki Swift GX, kurang lebih rasanya sama ini nyamannya dengan Ertiga. Pada waktu itu, Ertiga itu memang paling nyaman, dibandingkan dengan Mobilio dengan Avanza. Suzuki Ertiga itu datang dengan kabin yang kedap sangat bagus, terus juga kenyamanan suspensi yang luar biasa kalau menurut kami.

Dibandingkan dengan suspensi Honda Jazz sama Yaris, jika dinilai agak terlalu keras, tapi Suzuki Swift itu lebih nyaman. Jadi ketika Anda lewat polisi tidur atau ada lubang di jalan masih lebih nyaman pakai Suzuki Swift.

Peredaman kabin Suzuki Swift juga terbilang bagus, untuk mobil dengan harga yang lebih murah dibandingkan kompetitornya saat itu. Kelengkapannya mirip seperti mobil Mazda. Untuk body roll memang Suzuki Swift bekas ini masih agak berasa dibandingkan dengan Yaris atau Jazz. Menurut kami ini oke bagian steeringnya.

Lalu bagimana soal performanya? Performanya dibandingkan dengan yang lain, ya Suzuki Swift paling biasa saja sih, dibandingkan dengan Jazz lebih kencang Jazz, tapi Swift tidak malu-maluin lah. Percepatannya masih berasa lemot, tapi responsnya ini jauh lebih cepat dibanding Ertiga.

Mobil ini juga punya konsumsi bahan bakar yang irit. Bahkan lebih irit dibandingkan dengan Ertiga. Jadi kalau kalian tidak butuh butuh mobil untuk tujuh penumpang, ada baiknya beli Suzuki Swift bekas saja.

Kesimpulan

belakang suzuki swift gx

Jadi kalau misalkan kalian ingin cari hatchback yang nyaman, pilihannya Suzuki Swift. Kalau kalian beli Swift bekas kelemahannya ada di head unit. Karena Suzuki Swift desainnya bagus, tapi tidak ada Bluetooth saja.

Impresi kami soal Suzuki Swift sejauh ini mobil yang sangat menarik dibandingkan dengan Honda Jazz Toyota Yaris. Mungkin namanya kurang begitu bersinar, tapi ketika kita sudah mencoba pakai, mobil ini enak dipakainya. Kalau kalian tertarik mobil ini mungkin bisa lihat link mobil bekas Suzuki Swift di Mobil123 ini yah.



Tutus Subronto

Tutus Subronto

Editor

Head of Media Content iCar Asia Indonesia. Email: tutus.subronto@icarasia.com


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang