Avanza Masih Terlalu Tangguh Bagi Xpander di Kuartal I 2019

Berita Otomotif

Avanza Masih Terlalu Tangguh Bagi Xpander di Kuartal I 2019

JAKARTA - Pertarungan antara Mitsubishi Xpander dengan Toyota Avanza di kuartal satu 2019 dimenangi oleh model yang disebutkan belakangan.

Dinamika persaingan antara dua model ini pada 2019 memang dinanti-nanti. Pasalnya, Xpander serta Avanza berkompetisi dengan sangat ketat pada 2018.

Sang jagoan Toyota sempat melorot ke posisi kedua sepanjang sembilan bulan pertama tahun lalu karena tersalip ‘anak baru’ yaitu Xpander. Namun, pelopor segmen low multi purpose vehicle (LMPV) yang pertama kali hadir pada 2004 itu kembali meraih posisi terdepan di tiga bulan tersisa.

Kini, kedua pabrikan sudah merilis hasil penjualan versi retail (dari dealer ke konsumen) masing-masing LMPV mereka. Xpander, berdasarkan pernyataan resmi Mitsubishi pada Senin (15/4/2019), membukukan 17.902 unit.

Di sisi lain, Avanza, seperti pernah diberitakan beberapa waktu lalu, mencatatkan hasil 27.765 unit. Adapun jumlah Surat Pemesanan Kendaraan Kendaraan (SPK) Avanza versi terbaru yang meluncur pada Januari 2019, hingga Maret, sudah lebih dari 20 ribu unit.

Raihan model-model LMPV lain belum dirilis secara lengkap. Baru Daihatsu Xenia yang mengumumkan pencapaian penjualan retail 6.813 unit pada Januari - Maret kemarin, melalui keterangan pers pada Senin pekan ini pula.

Segmen itu sendiri makin ramai jumlah pemain, berujung pada ‘perkelahian’ yang makin sengit di antara mereka. Semua dipicu kehadiran Xpander plus mobil China Wuling Confero sejak Agustus 2017.

Pemain lama yang sudah lama tertidur, Nissan Grand Livina, juga merilis generasi terbaru pada bulan pertama tahun ini. Model termutakhirnya membuang nama Grand sehingga hanya menjadi All-New Nissan Livina.

Perang antara dua pabrikan, Toyota dengan Mitsubishi, sendiri makin sengit dan terbuka tahun ini. Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) pernah mengeluarkan pernyataan bahwa Xpander belum pantas disebut sebagai ‘pembunuh Avanza’.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), kemudian membalas dengan mengatakan bahwa pihaknya ingin menjadi nomor satu di semua segmen pada 2019, termasuk di segmen LMPV. Merek berlogo tiga berlian itu juga berambisi menjadi penjual mobil terlaris di pasar otomotif Indonesia akhir tahun nanti, menggantikan Toyota.

Toyota pun membalasnya dengan menyatakan siap menerima tantangan Mitsubishi. Xpander juga diledek sebagai mobil yang ‘hanya bikin silau seperti lampunya’ saja. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support