Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Avanza Masih Terlalu Tangguh Bagi Xpander di Kuartal I 2019

Berita Otomotif

Avanza Masih Terlalu Tangguh Bagi Xpander di Kuartal I 2019

JAKARTA - Pertarungan antara Mitsubishi Xpander dengan Toyota Avanza di kuartal satu 2019 dimenangi oleh model yang disebutkan belakangan.

Dinamika persaingan antara dua model ini pada 2019 memang dinanti-nanti. Pasalnya, Xpander serta Avanza berkompetisi dengan sangat ketat pada 2018.

Sang jagoan Toyota sempat melorot ke posisi kedua sepanjang sembilan bulan pertama tahun lalu karena tersalip ‘anak baru’ yaitu Xpander. Namun, pelopor segmen low multi purpose vehicle (LMPV) yang pertama kali hadir pada 2004 itu kembali meraih posisi terdepan di tiga bulan tersisa.

Kini, hasil penjualan masing-masing LMPV pada Januari - Maret tahun ini sudah terkuak. Xpander, berdasarkan pernyataan resmi Mitsubishi pada Senin (15/4/2019), membukukan 19.355 unit (wholesales).

Di sisi lain, Avanza, seperti pernah diberitakan beberapa waktu lalu, mencatatkan hasil 19.806 unit (wholesales). Adapun jumlah Surat Pemesanan Kendaraan Kendaraan (SPK) Avanza versi terbaru yang meluncur pada Januari 2019, hingga Maret, sudah lebih dari 20 ribu unit.

Segmen itu sendiri makin ramai jumlah pemain, berujung pada ‘perkelahian’ yang makin sengit di antara mereka. Semua dipicu kehadiran Xpander plus mobil China Wuling Confero sejak Agustus 2017.

Pemain lama yang sudah lama tertidur, Nissan Grand Livina, juga merilis generasi terbaru pada bulan pertama tahun ini. Model termutakhirnya membuang nama Grand sehingga hanya menjadi All-New Nissan Livina.

Perang antara dua pabrikan, Toyota dengan Mitsubishi, sendiri makin sengit dan terbuka tahun ini. Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) pernah mengeluarkan pernyataan bahwa Xpander belum pantas disebut sebagai ‘pembunuh Avanza’.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), kemudian membalas dengan mengatakan bahwa pihaknya ingin menjadi nomor satu di semua segmen pada 2019, termasuk di segmen LMPV. Merek berlogo tiga berlian itu juga berambisi menjadi penjual mobil terlaris di pasar otomotif Indonesia akhir tahun nanti, menggantikan Toyota.

Toyota pun membalasnya dengan menyatakan siap menerima tantangan Mitsubishi. Xpander juga diledek sebagai mobil yang ‘hanya bikin silau seperti lampunya’ saja. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang