Toyota Avanza Kembali Jadi Mobil Terlaris Kalahkan Mitsubishi Xpander

Berita Otomotif

Toyota Avanza Kembali Jadi Mobil Terlaris Kalahkan Mitsubishi Xpander

JAKARTA – Toyota Avanza kembali menjadi mobil terpopuler di Indonesia, setelah berbulan-bulan lamanya status itu ditempati oleh Mitsubishi Xpander.

Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari – Oktober 2018 menunjukkan Avanza terjual sebanyak 67.940 unit. Sementara, Xpander membukukan 66.125 unit.

Padahal, sepanjang sembilan bulan pertama Xpander terus mengungguli Xpander sebagai model terlaris di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) sekaligus di pasar otomotif Indonesia secara keseluruhan.

Kembalinya Avanza ke puncak pada penghujung 2018 sudah diprediksi oleh salah satu eksekutif PT. Toyota Astra Motor (TAM), agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia. Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM, saat diwawancarai beberapa waktu lalu di Bintaro percaya diri Avanza akan merebut takhtanya kembali dari Xpander karena adanya pembelian dari sektor fleet (konsumen korporasi) yang biasa terjadi di akhir tahun.

"Kebetulan permintaan naik stabil dari bulan ke bulan, sehingga kami berani meminta pabrikan menambah produksinya. Salah satunya permintaan fleet," jelas dia ketika dimintai keterangan kembali oleh Mobil123,com via sambungan telepon pada Rabu (28/11/2018).

Menurun 31 Persen
Di balik prestasi mengungguli Xpander, penjualan Avanza masih tetap turun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelum (year on year). Penurunannya mencapai lebih dari 31 persen.

Data wholesales Gaikindo memperlihatkan bahwa pada Januari – Oktober 2017 Avanza mampu terdistribusikan sebanyak 99.459 unit. Dengan raihan 67.940 unit pada periode yang sama tahun ini, suplai Avanza berkurang  hingga 31,69 persen.

Sebaliknya, performa Xpander, yang pada tahun ini untuk pertama kalinya dijual setahun penuh, meroket. Penjualan LMPV yang menjalani debut globalnya di Indonesia pada Agustus 2017 itu melonjak 1.818 persen.

Pasalnya, tahun lalu, Xpander baru mulai didistribusikan pada September. Selama September hingga Oktober, penyalurannya hanya 3.447 unit.

Persaingan di segmen  LMPV sendiri semakin ketat sejak kedatangan merek China Wuling tahun lalu. Pada April 2018, salah satu pemain lama yaitu Suzuki Ertiga juga mengeluarkan generasi terbarunya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar