Mitsubishi Kenalkan Xpander AP4 Concept di IIMS 2019

Berita Otomotif

Mitsubishi Kenalkan Xpander AP4 Concept di IIMS 2019

JAKARTA – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) memamerkan Mitsubishi Xpander AP4.

Mobil ini merupakan modifikasi dari Mitsubishi Xpander dengan konsep mobil balap yang rencananya akan digunakan untuk event motorsport bertajuk AP4. Dalam event tersebut, mobil yang digunakan haruslah merupakan kendaraan produksi massal.

Mitsubishi Xpander AP4 Concept merupakan langkah untuk membuktikan bahwa mobil ini memiliki nilai lebih dari sekedar mobil MPV keluarga yang berfokus pada kekuatan, ketahanan, impresi berkendara. Modifikasi yang dilakukan terhadap Xpander AP4 Concept diharapkan menjadi pemacu kalangan hobi motorsport dan modifikasi untuk melakukan personalisasi terhadap mobilnya,” tutur Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Unit display Mitsubishi Xpander AP4 Concept dimodifikasi secara minimal dari model Xpander dengan kamuflase decal, aksesoris sporty, juga logo Xpander. Perwujudan sebenarnya dari XPANDER AP4 Concept akan diperkenalkan pada perhelatan GIIAS 2019 mendatang.

AP4 merupakan sebuah mobil yang dicanangkan oleh Motorsport New Zealand (MSNZ) dan Confederation of Australia Motorsport (CAMS) selaku induk olahraga otomotif di kedua negara tersebut pada tahun 2015. Awalnya AP4 diciptakan untuk menjadi alternatif karena mobil reli berjenis R5, yang merupakan spesifikasi World Rally Championship (WRC) terlampau mahal.

“Dengan menggunakan konsep AP4 para pelaku industry reli dapat menekan biaya produksi berkali lipat lebih murah karena basis kendaraannya adalah mobil harian yang saat ini beredar di pasaran,” ungkap Rifat.

Beberapa faktor utama sehingga membuat AP4 lebih terjangkau adalah karena menggunakan mesin, gearbox, serta suspensi yang sama untuk seluruh bodi mobil. Dengan kata lain, bodi mobil konsep ini akan membuat seluruh mobil AP4 dapat berbagi suku cadang antar sesame tim yang saat kompetisi reli berlangsung.

Mobil berjenis AP4 ini dapat dikatakan sebagai wajah baru mobil reli di Indonesia dan menggantikan kendaraan-kendaraan grup R yang sudah berusia lebih dari 10 tahun. Sebagai catatan, mobil reli jenis AP4 mendapatkan lisensi untuk berlomba di kejuaraan internasional seperti reli Australia, reli Selandia Baru dan reli Asia Pasifik. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar