Pasar Kendaraan Niaga Nasional Turun, Penjualan Fuso Masih Terlaris

Berita Otomotif

Pasar Kendaraan Niaga Nasional Turun, Penjualan Fuso Masih Terlaris

JAKARTA – Mitsubishi Fuso mengalami penurunan penjualan pada 2019, sejalan dengan mengecilnya pasar kendaraan niaga. Namun, mereka mengklaim tetap menjadi merek truk terlaris di Tanah Air.

Mitsubishi Fuso, melalui pernyataan pers pada Kamis (23/01/2020), mengumumkan raihan penjualan sebanyak 41.736 unit. Volume tersebut menurun 18,4 persen jika dibandingkan dengan pencapaian merek asal Jepang ini setahun sebelumnya yang mencapai 51.132 unit.

Pasar kendaraan komersial khususnya truk pun mengalami tren negatif dengan penurunan 19 persen jika dibandingkan dengan 2018. Semua kondisi ini membuat pangsa pasar Mitsubishi Fuso tahun lalu mencapai 44,2 persen.

Dony Hermawan, Head of PR & CSR PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), mengatakan 2019 merupakan tahun penuh tantangan. Namun, mereka berhasil mempertahankan dominasi dengan pencapaian pangsa pasar 44.2% di tengah kondisi pasar yang melemah.

“Kami memahami bahwa 2019 merupakan tahun dengan agenda penting Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden sehingga membutuhkan penyesuaian kabinet baru, regulasi baru di berbagai sektor. Kami optimis hal tersebut membawa dampak positif di tahun 2020 dalam memajukan perekonomian dan pembangunan, dan kami siap berkontribusi melalui produk dan layanan Mitsubishi Fuso,” ucapnya dalam keterangan resmi.

Rinciannya, penjualan Colt Diesel di segmen light duty truck (LDT) menyentuh 36,575 unit dengan pangsa pasar absolut 55.4%.  Adapun transaksi jual-beli Fuso dan Fighter di kelas medium duty truck (MDT) dan heavy duty truck (HDT) menyentuh 5,161 unit dengan pangsa pasar 23.4% atau meningkat dibandingkan pangsa pasar 2018 yang hanya 19.2%.

Peningkatan pangsa pasar di segmen MDT tak lepas dari kehadiran Fighter yang mulai diluncurkan di tahun 2019 lalu. Sebanyak 15 varian dihadirkan memenuhi berbagai kebutuhan bisnis konsumen di bidang logistik, perkebunan, pertambangan, hingga infrastruktur.

Pencapaian lain yang diraih KTB adalah penghargaan bergengsi sebagai Best Distributor (large size market) 2019 dari Daimler Truck Asia. Penghargaan ini diraih atas pertumbuhan yang cukup signifikan baik dari sisi sales dan customer service. Hal ini semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai pasar penting bagi brand FUSO secara global. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support