Mesin Masa Depan Tak Butuh Camshaft

Berita Otomotif

Mesin Masa Depan Tak Butuh Camshaft

JAKARTA - Pabrikan kendaraan China Qoros baru-baru ini berkerjasama dengan pabrikan hypercar asal Swedia Koenigsegg untuk mendemostrasikan camless engine atau mesin tanpa camshaft.

Pada QamFree engine, posisi camshaft pada umumnya mesin digantikan oleh QamFree motor dengan menggunakan electro hydrolic pneumatic actuators sebagai penggerak valve atau klep. Keuntungannya mesin akan lebih bertenaga dan diklaim memiliki efisiensi BBM 12-17 persen.

Qoros memberi keterangan bahwa kerja camshaft dalam menggerakan valve untuk membuka tutup katup memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya proses operasi chamsaft dalam melakukan buka-tutup katup tidak selalu beroperasi dalam kondisi efisiensi yang ideal.

Kondisi ini tidak lagi terjadi saat menggunakan electro hydrolic pneumatic actuators. Pada mesin Koenigsegg, QamFree engine secara penuh mengkontrol bukaan intake dan exhaust valve sesuai dengan kebutuhan mesin. Karena tidak seperti camshaft yang bekerja melalui sebuah sistem putaran pada poros, sistem terbaru ini bekerja langsung, melakukan bukaan katup secara tepat. 

Qoros juga menjamin bahwa dengan QamFree engine, kolaborasi mereka dapat menciptakan sebuah mesin berdimensi jauh lebih kompak. Namun lebih bertenaga dan dipastikan tidak boros BBM. Dan kini tak masalah untuk membuat mesin dengan performa tinggi namun masih memenuhi standar emisi gas buang terkini.

Sayangnya sampai berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi kapan QamFree engine akan diproduksi. Qoros menyebutkan mesin ini masih dalam bentuk konsep dan akan Anda temukan pada model-model keluaran terbaru di masa mendatang. [Ari/Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual