Loyalitas Fiat Dampingi Timnas Italia Puluhan Tahun Hingga Juara Piala Eropa 2020

Berita Otomotif

Loyalitas Fiat Dampingi Timnas Italia Puluhan Tahun Hingga Juara Piala Eropa 2020

ROMA – Di balik sepak terjang dan kesuksesan timnas sepak bola Italia di Piala Eropa 2020, ada sokongan loyal dari merek mobil lokal Fiat.

Saat ini, orang-orang Italia dan para pendukung timnas sepak bola mereka di seluruh dunia sedang bersuka cita. Timnas Italia berhasil menjuarai Piala Eropa (Euro) 2020 usai mengalahkan timnas Inggris lewat drama adu penalti 2-3 (1-1), Senin (12/7/2021) dini hari tadi.

Italia sendiri terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki merek-merek otomotif terkenal seperti misalnya Ferrari, Maserati, Ducati, serta Fiat.

Kendati begitu, hanya ada satu merek yang luar biasa setia menjadi sponsor timnas Italia: Fiat.

Fiat sponsor timnas sepak bola Italia

Asal Mula 'Kemesraan' Fiat-Timnas Italia

Perjanjian kerja sama terkini antara Fiat dengan Federasi Sepak Bola Italia (Federazione Italiana Giuoco Calcio/FIGC), seperti dikutip dari situs Enzari, berlangsung selama empat tahun, 2019-2023. Akan tetapi, sokongan pabrikan otomotif yang juga menguasai saham Juventus tersebut telah berlangsung jauh lebih lama dari itu.

Hubungan ‘mesra’ di antara keduanya, menurut situs Stellantis, dimulai sejak 2000. Fiat ketika itu masuk sebagai Technical Partner timnas Italia.

Pabrikan yang didirikan keluar Agnelli tersebut kemudian menjadi Top Sponsor pada 2011. Status inilah yang terus-menerus mereka perpanjang hingga sekarang.

Fiat sponsor timnas Italia

Sebagai Top Sponsor, Fiat menyediakan armada transportasi untuk pertandingan-pertandingan resmi maupun persahabatan timnas Italia. Sebagai timbal baliknya, logo Fiat berhak terpasang di seragam latihan, poster-poster, serta di sekitar lapangan tempat bertanding.

Kolaborasi ini berlaku bagi timnas putra, putri, hingga skuad junior.

Sekadar mengingatkan saja, timnas Italia terakhir kali menjuarai Euro pada 1968, alias 53 tahun silam. Tim yang kini dibesut oleh Roberto Mancini ini sendiri memulai Euro 2020 sebagai salah satu unggulan, berbekal rekor tak pernah kalah sejak 2018.

Kini, secara total, Girgio Chiellini dan kawan-kawan tak pernah takluk dalam 34 pertandingan secara beruntun! [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar