Merasakan Performa All-New X-Trail 2.0-Liter

Review

Merasakan Performa All-New X-Trail 2.0-Liter

BOGOR - Sejak awal diluncurkan pada September 2014 lalu, all-new Nissan X-Trail 2015 selalu bikin penasaran. Bagaimana performa all-new Nissan X-Trail 2015 dengan improvement di bagian luar dan dalam. Beruntung, mobil123 bisa merasakan Nissan X-Trail mesin bensin 2.0-liter CVT (sebelumnya kami telah mengendarai NissanX-Trail 2.5-liter 2015).

Mobil pun diarahkan ke Bogor dengan kondisi jalan bervariasi.

Eksterior
Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Nissan X-Trail 2015 100 persen berubah total. Ukuran tubuhnya lebih bongsor dari model sebelumnya. All-new X-Trail memiliki panjang 4.640 mm (bertambah 5 mm), lebar 1.820 mm (bertambah 30 mm),  tinggi 1.710 mm (bertambah 10 mm), dan wheelbase 2.705 mm (bertambah 75 mm).

Desain eksteriornyal mengusung desain bulat, dan memberikan kesan sporty. Sepertinya all-new SUV X-trail sudah berancang-ancang merebut kembali posisi SUV nomor satu di Indonesia dengan segala pengubahannya.

Nah, karena kondisi geografis Indonesia yang dipenuhi dengan pegunungan dan jalan rusak, maka dari itu postur tubuhnya tetap tinggi. Ada LED DRL (daytime running lights) yang memberikan nuansa anggun dan kian agresif.

Salah satu fitur menarik di all-new X-Trail adalah Touchless Back Door. Fitur ini absen sebelumnya. Anda hanya butuh menyentuh tombol pada kunci untuk membuka pintu belakang. Menariknya lagi pintu bisa terbuka otomatis dengan mengibaskan telapak tangan pada pintu belakang.

Interior
Menyalakan mesin mobil tidak perlu mencolok anak kunci konvensional. Soalnya ada tombol start/stop engine di sebelah kiri pengemudi. Cukup tekan pedal rem dan diikuti tombol start/stop, mesin pun langsung menyala.

Untuk interior sendiri masih cukup mewah. Kursinya didesain sangat baik sehingga memberikan kenyamanan pada penghuni kabin. Kursi baris kedua bisa digeser, sehingga memberikan theater view serta keleluasaan bergerak untuk para penumpang.

Untuk varian kursi baris ketiga bisa dilipat. Area belakang bisa menampung barang bawaan bagi Anda yang suka berpelesir jauh. All-new X-Trail ini memiliki headroom (120 mm) dan legroom (200 mm) baris kedua terluas dalam kelasnya.

Di dasboard mobil banyak tombol-tombol pengaturan audio, penyejuk kabin dan fitur lainnya. Tombol untuk mengatur audio juga tersemat di lingkar kemudi. Kemiringan setir dapat diatur dengan mudah untuk mendapatkan posisi mengemudi terbaik dengan pandangan ke luar tanpa batas.

Kemampuan Mesin
Boleh diakui, jika dibandingkan sensasi berkendara all-new Nissan X-Trail 2015 dengan X-Trail lawas berbeda. Reaksinya sangat berbeda, karena all-new Nissan X-Trail menimbulkan kenyamanan ketika berada di dalam. Sayangnya bagian depan mobil agak sedikit tertutup dengan kap mesin yang menyumbul.

Kendati demikian mesin 2.0-liter tenaga 144 ps (141 hp) yang disalurkan ke roda depan mampu memberikan reaksi cepat meski dibantu dengan transmisi CVT otomatis 6-speed. Tidak ada hentakan, dan mulus mulai dari kecepatan rendah sampai atas. Begitu juga tidak kehilangan tenaga saat jalanan menanjak di Puncak, Bogor. Performa mesin ini tidak banyak berubah bila dibanding mesin dengan transmisis CVT pada generasi sebelumnya.

Asyiknya all-new Nissan X-Trail sudah menggunakan electric power steering (EPS), sehingga memudahkan pengemudi bermanuver. Berkendara dengan all-new X-Trail pun lebih nikmat rasanya.

Berjibaku di Jalur Off-road
Giliran menjajal di jalur off-road. All-new Nissan X-Trail 2.0-Liter memang tidak memenuhi syarat penuh untuk kontur jalan offroad berat. Tapi setidaknya medan offroad ringan  bisa dilahap all-new Nissan X-Trail 2.0-Liter. Dia sanggup mengikuti keinginan Mobil123 yang ketika itu tidak ingin melepas pedal gas ketika berada di jalur Puncuk-Jakarta via Jonggol.

Kaya fitur Keselamatan & Keamanan
Jangan anggap sebelah mata all-new Nissan X-Trail 2.0-Liter. SUV keluarga ini dilengkapi fitur-fitur safety dan security di antaranya Dual SRS Airbag, ABS+EBD+BA, Immobilizer + security system, Hill Start Assist, Active Trace Control.

Yang paling menarik adalah fitur Around View Monitor. Fitur ini dibantu dengan empat kamera kecil yang diletakkan di bagian depan, samping dan belakang mobil. Fitur ini memudahkan Mobil123 untuk melihat obyek di sekitar mobil dengan pandangan 3600 dan sangat berperan ketika parkir, dan di kemacetan. Untuk diketahui fitur canggih ini dipakai oleh truk-truk raksasa di daerah pertambangan. Tujuannya demi keselamatan.

Kesimpulan
All-new Nissan X-Trail semakin menjawab keinginan konsumenya di Indonesia dengan segala pembaruannya. Di sisi lain, Nissan sepertiya ingin mempertahankan tahta SUV X-Trail sebagai SUV segala medan. Apabila Anda memiliki cukup uang, tentu Anda bisa membeli kendaraan ini dengan harga Rp 385 juta on the road Jakarta. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual