Wow, Toyota Siapkan 30 Mobil Listrik hingga 2030

Berita Otomotif

Wow, Toyota Siapkan 30 Mobil Listrik hingga 2030

TOKYO - Tantangan untuk mencapai netralitas karbon secepat mungkin membuat pabrikan otomotif berlomba hadirkan mobil listrik. Toyota misalnya, pabrikan asal Jepang itu telah menyiapkan puluhan mobil listrik untuk dipasarkan ke konsumen. 

Sedikitnya ada 30 mobil listrik yang akan diluncurkan hingga 2030. Mobil-mobil tersebut bukan cuma datang dari merek Toyota, tapi juga Lexus yang merupakan merek mobil mewah milik Toyota Motor Corporation (TMC).

"Tujuan kami tidak hanya mengurangi emisi CO2 dan dampak negatif lainnya menjadi lebih rendah bahkan tak tersisa. Bahkan tujuannya untuk melampaui lebih dari itu," ucap Akio Toyoda, Presiden TMC dalam konferensi pers secara virtual, baru-baru ini.

Dari puluhan mobil listrik yang disiapkan, satu di antaranya akan diluncurkan dalam waktu dekat yaitu Toyota bZ4X, yang merupakan bagian dari seri bZ.

Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini dikembangkan dengan platform baru dan khusus yang dibuat untuk model bertenaga baterai.

Toyota bZ4X dibekali baterai lithium-ion dan tersedia dalam dua pilihan penggerak roda, yaitu AWD (All Wheel Drive) dan FWD (Front Wheel Drive). Mobil ini sendiri akan dipasarkan mulai tahun depan. Produksinya dilakukan di pabrik Toyota Motomachi.

Pada kesempatan yang sama, Toyota juga memperkenalkan seri bZ lain berbentuk SUV kompak dan sedan.

 "SUV paling kompak di seri ini punya baterai kecil dengan interior nyaman yang dirancang dengan mempertimbangkan pasar Eropa dan Jepang. Sementara, sedan menengah ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan untuk mobil pertama," tutur Akio. 

Untuk mewujudkan niat dalam menghadirkan mobil listrik, pabrikan rela meningkatkan investasi.

 "Kali ini Toyota menambah investasi untuk pengembangan mobil listrik dari 1,5 triliun yen menjadi 2 triliun yen." tukas Akio. (AP/Ses)

Daftar dan harga mobil Toyota terbaru bisa lihat di sini.




Berita Utama


Komentar