Mendadak Kopling Mobil Manual Bermasalah? Ikuti Tips Ini

Panduan Pembeli

Mendadak Kopling Mobil Manual Bermasalah? Ikuti Tips Ini

JAKARTA – Kasus  'los' kopling dan perseneling tersangkut (tidak mau berpindah) dijumpai di mobil-mobil bertransmisi manual. Jika hal itu terjadi, Toyota Indonesia memberikan beberapa tips untuk mengatasinya meski hanya untuk sementara.

Salah satu penyebab kerusakan tersebut adalah rusaknya master kopling kendaraan. Kerusakan ini menyebabkan kopling mobil tidak berkerja sesuai fungsi dan minyak kopling di dalam tabung biasanya sudah habis.

Tapi jangan keburu panik. Aa beberapa langkah darurat yang bisa menyelesaikan masalah Anda untuk sementara, sebelum Anda membawanya ke bengkel.

Artikel bersambung dibawah

Penyelamatan pertama  tentu adalah menepikan kendaraan Anda ke lokasi aman. Setelah itu, periksa tabung minyak kopling (biasanya terletak di ruang mesin, tepat di depan setir dan tabung berukuran tiga jari orang dewasa). Periksa kondisi minyak di dalamnya. Tambahkan minyak rem hingga penuh (minyak rem memiliki fungsi yang sama dengan minyak kopling).

Kocok kopling sebelum digunakan agar minyak mengisi salurannya. Setelah itu, mobil siap kembali digunakan. Namun, jangan gunakan untuk berpergian jarak jauh karena master kopling tetap harus diperiksa di bengkel. [Adi/Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual