Mencicipi Tol Cipali, Ford EcoSport Melesat Mantap

Review

Mencicipi Tol Cipali, Ford EcoSport Melesat Mantap

CIREBON - Sebulan menjelang Lebaran 1436 H atau 2015 Masehi, Pemerintah membuka jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Tol ini merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa dan memiliki panjang 116,7 km.

Mobil123 dibuat penasaran dengan ruas tol tersebut. Akhirnya, pada hari ini (16/6), kami memutuskan untuk menguji coba jalan tol yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu ini menggunakan Ford EcoSport Titanium bermesin Sigma TiVCT 1.5-liter 4-silinder DOHC 16V dengan transmisi otomatis 6-speed.

Perjalanan dimulai dari Jakarta dan bergerak menuju Cikampek. Dan di km 72 ada jalan bercabang. Jalur kiri menuju ke Cikampek-Pantura, dan jalur kanan ke tol Cipali.

Memasuki pintu tol Cikopo terlihat antrian kendaraan. Hal itu karena fasilitas pintu tol belum siap.

Wajar, tol Cipali masih masa ujicoba sampai 20 Juni 2015. Setelah itu, tarif tol ini Rp 96.000 untuk kendaraan Golongan I dan Rp 288.500 untuk kendaraan golongan V.

Begitu melewati pintu tol Cikopo antrian mobil mulai terurai, kondisi lalulintas sangat sepi.

Ford EcoSport sanggup berlari dengan kecepatan tinggi. Kali ini Mobil123 bisa memacu kendaraan sampai 160 kpj. Nah, kami pikir kecepatan mobil bisa ditambah lagi. Langsung pijak pedal gas lebih dalam. Alhasil Ford EcoSport sanggup menembus kecepatan 180 kpj. Demi keselamatan kecepatan diturunkan lagi menjadi 120 kpj saja.

Para pengguna jalan tol termasuk Mobil123 diuntungkan dengan kondisi jalan mulus. Pantauan Mobil123, permukaan jalan belum secara menyeluruh dilapisi oleh aspal. Jalan beton mulai km 72 sampai km 109, dan jalan mulai dilapisi aspal setelahnya sampai km 164. Setelah itu kembali ditemui jalan beton sampai di Palimanan.

Kendati demikian kondisi jalan tol sangat rata, minim tanjakan dan turunan sampai tiba di Palimanan. Para pengguna jalan bisa memacu mobilnya dengan cepat asalkan harus berhati-hati.

Mobil123 sangat menikmati perjalanan. Terlebih Ford EcoSport dilengkapi dengan suspension MacPherson Strut with Coil String di depan dan suspensi Semi- Independent, with Coil String di belakang yang membuatnya stabil dan lumayan lembut.

Saat diajak hingga 140 kpj, ada suara mesin dan angin yang masuk ke dalam kabin sehingga sedikit tidak merasa nyaman. Ford harus membenahi kedap suara mobil yang didatangkan dari Thailand ini.

Soal tenaga mesin dan perpindahan gigi lumayan lembut. Inilah kelebihan SUV crossover tersebut. Dengan tenaga 110 Ps pada 6.050 rpm dan torsi 142 Nm pada 4.500 rpm, gerak Ford EcoSport sangat lincah, terutama di kecepatan rendah dan sedang.

Ditambah lagi setir cukup ringan saat diputar dan kami mendapatkan kenyamanan dalam berkendara.

Ford EcoSport Titanium dilengkapi sejumlah fitur keselamatan Dual Airbag, Anti-lock Braking (ABS), Electronic Stability Control, Hill Launch Assist, Immobilizer, Keyless Vehicle, Rear Parking Sensor, Seatbelt sebanyak 5 titik.

Ujicoba tol Cipali dengan Ford EcoSport berakhir di Cirebon. Perjalanan mulai dari rest area km 19 tol Jakarta-Cikampek sampai di Cirebon menghabiskan 3 jam perjalanan. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual