Mazda6 Berhasil Raih 5 Bintang Keselamatan Euro NCAP

Berita Otomotif

Mazda6 Berhasil Raih 5 Bintang Keselamatan Euro NCAP

LEVERKUSEN – Mazda6 berhasil mendapatkan lima bintang keselamatan dari Euro NCAP.

Ini adalah produk pertama dari Mazda yang berhasil mendapat nilai sempurna. Sebelumnya, mereka hanya berhasil mendapatkan 4 bintang keselamatan. Meski demikian, tetap saja mobil-mobil tersebut terbilang cukup aman.

Sedikitnya ada empat uji tabrak yang dilakukan Euro NCAP pada Mazda6. Keempat uji tabrak tersebut adalah Adult Occupant, Child Occupant, Vulnerable Road User (pedestrian safety) dan Safety Assist terhadap new-Mazda6 estate.

Skor Mazda6 pada pengujian Adult Occupant meningkat 3% menjadi 95%. Pihak Euro NCAP menyebut hal tersebut luar biasa di mana angka tertinggi didapat ketika uji tabrak pada bagian depan saat mobil berhenti, sisi penghalang dan bagian samping.

Selain itu, penilaian terhadap The Child Occupant meningkat dari 14% menjadi 91% dengan poin terbesar diberikan pada dampak frontal dan lateral. Mazda6 juga dikategorikan semakin aman untuk pedestrian (Vulnerable Road User) dengan torehan penilaian 66%.

Tes terakhir adalah Safety Assist yang bertujuan untuk melihat sejauh mana kinerja fitur keselamatan dapat membantu menghindari kecelakaan. Dalam hal ini pengujian dilakukan terhadap fitur pengereman Autonomous Emergency Braking and Forward Collision Warning. Hasilnya, Mazda6 mendapatkan persentase penilaian sebesar 73%.

Hasil memuaskan tersebut berhasil diraih karena Mazda meningkatkan sistem teknologi keselamatannya yaitu i-Activesense. Dalam sistem tersebut telah disematkan beberapa fitur keselamatan termasuk Mazda auto-hold hingga kamera 360 derajat yang tersaji pada monitor di kabin. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar