Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Digosipkan Ciptakan Taksi Otonom dengan Google

Berita Otomotif

Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Digosipkan Ciptakan Taksi Otonom dengan Google

PARIS - Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi akan bekerjasama dengan Google untuk mengembangkan taksi otonom dan layanan jasa lainya yang menggunakan kendaraan otonom.

Menurut berita yang berkembang, Waymo sebagai perusahaan mobil otonom milik Google akan bekerjasama dengan aliansi dan mengumumkan rencana tersebut pada awal musim semi 2019. Mereka nantinya dikabarkan akan mengembangkan taksi otonom yang menggunakan mobil Nissan dan sistem untuk menangani pemesanan dan pembayaran.

Namun Nick Twork juru bicara dari Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi menampik hal tersebut. Belum ada suatu rencana ke arah tersebut, pihaknya menyatakan hal tersebut hanya gosip belaka.

“Kabar tersebut adalah rumor dan spekulasi. Kami tidak memiliki sesuatu untuk diumumkan,” tegasnya.

Sementara itu Waymo tidak mengeluarkan pendapat apapun terkait kabar tersebut.

Mobil otonom memang merupakan sebuah teknologi masa depan yang hampir semua produsen mobil mencoba untuk mengembangkannya. Sayangnya, kepemimpinan dalam pengembagan mobil otonom justru berada pada perusahaan teknologi seperti Google dan Uber.

Pengembangan mobil otonom di antara produsen kendaraan masih terlihat ‘ketinggalan’. Mereka saat ini lebih banyak mengembangkan kendaraan listrik yang memang sudah mulai terbentuk pasar dan peminatnya.

Terlebih lagi Nissan yang saat ini telah membuktikan diri sebagai salah satu produsen mobil listrik terlaris di dunia berkat Nissan Leaf mereka. Namun bila produsen mobil justru terlalu lambat untuk mengembangkan mobil otonom, maka bukan tidak mungkin ke depan perusahaan teknologilah yang akan mengusai produksi kendaraan otonom di dunia. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar