Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mau Perfoma Mobil Lebih Joss? Jangan Pakai Bensin Ron 88

Panduan Pembeli

Mau Perfoma Mobil Lebih Joss? Jangan Pakai Bensin Ron 88

JAKARTA – Meski saat ini mesin mobil masih bisa ‘menyala’ meski dengan menggunakan bensin RON 88, namun penggunaan BBM (bahan bakar minyak) jenis ini justru dapat merugikan.

Hal ini disampaikan oleh Arif, kepala bengkel Honda Megatama Kalimalang. Ia menyebutkan bahwa penggunaan BBM RON 88 sudah tidak disarankan lagi khususnya untuk mobil-mobil keluaran baru Honda Indonesia.

“Kami menyarankan menggunakan BBM RON 92. Penggunaan RON 90 sebenarnya masih boleh namun dengan menggunakan ron 92 hasilnya tentu lebih baik. Sayangnya, masyarakat masih banyak yang menggunakan BBM dengan ron 88,” ungkapnya pada Mobil123.com.

“Pada dasarnya, mesin dikasih minyak tanah pun juga bisa menyala, tapi tidak baik untuk kondisi mesin. Efeknya memang tidak terasa dalam waktu dekat, tapi bila terus menerus menggunakan BBM yang tidak tepat justru konsumen yang akan mengalami kerugian,” ungkapnya.

Salah satu kerugian yang dirasakan adalah ruang pembakaran akan menjadi lebih cepat kotor dibanding dengan menggunakan BBM RON 92 atau 95. Selain itu, perfoma mobil juga akan menjadi lebih baik dibanding menggunakan BBM RON 92.

“Umumnya konsumen datang dan mengeluh kenapa tarikan mobilnya tidak ada atau konsumsi BBM-nya tinggi. Ketika ada keluhan seperti itu, maka montir akan menanyakan BBM yang digunakan. Bila ternyata BBM yang digunakan adalah BBM RON 88, maka kami akan sarankan untuk menggantinya dengan BBM ron 92,” ungkapnya.

Sayangnya, masih banyak konsumen yang seakan cuek dengan informasi tersebut.

“Ini karena mereka tidak melihat ruang pembakaran. Yang mereka lihat hanya saat mengisi BBM biayanya murah. Padahal secara jangka panjang, konsumen akan lebih dirugikan,” pungkasnya. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang