Mau Offroad Pakai Motor, Perhatikan Ini

Berita Otomotif

Mau Offroad Pakai Motor, Perhatikan Ini

JAKARTA – Melakukan offroad dengan sepedamotor di Indonesia merupakan kegiatan yang seru dan menyenangkan. Namun agar tidak mengurangi keseruan, pemilihan riding gear yang tepat bisa menambah keseruan.

Johannes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan bahwa pemilihan riding gear dapat disesuaikan dengan postur tubuh sang pengendara. Selain itu perlengkapan yang nyaman tidak hanya membuat pengendara nyaman, namun tetap fokus menyelesaikan medan menantang di depannya. Ia juga mengatakan adanya perbedaan riding gear onroad dan offroad.

“Perbedaan ini paling jelas dapat dilihat antara bentuk helm untuk berkendara offroad dan onroad yang berbeda, disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilintasi. Selain itu, perbedaan bentuk tersebut juga disesuaikan kondisi fisik yang berbeda saat berkendara saat di jalan offroad dan onroad,” ujar Lucky.

Berikut ini penjelasan Lucky untuk para offroader dalam memilih riding gear yang sesuai dengan medan yang akan ditempuh.

Helm

Perbedaan bentuk pada helm untuk berkendara offroad, yakni bagian pelindung rahang pada helm offroad lebih panjang dengan tujuan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik saat berkendara serta meminimalisir efek benturan pada bagian gigi dan rahang saat terjadi benturan.

“Selain itu, biasanya pada helm untuk offroad tidak memiliki visor. Pet pada helm off road juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya,” tambah Lucky.

Goggle

Perlengkapan riding ini umumnya digunakan saat berkendara offroad untuk menjaga bagian mata dari benda asing dan mencegah terjadinya pengembunan pada kaca helm akibat proses pernapasan saat berkendara.

“Goggle juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor,” ujar Lucky.

Jersey dan Sarung Tangan

Offroad juga bisa dikatagorikan aktifitas berat yang menyebabkan keringat berlebih pada pengendara, sehingga perlu menggunakan jersey yang bahannya mudah menyerap keringat dan cepat kering.

Hal ini bertujuan mencegah pengendara mengalami masalah kesehatan akibat menggunakan pakaian basah dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, jersey juga berbahan ringan dan lentur yang memudahkan pengendara melakukan pergerakan ketika melalui medan offroad.
Tips Offroad
Untuk sarung tangan, para pecinta offroad dapat memilih dan menggunakan yang berbahan kain dan lembut. Hal ini bertujuan memaksimalkan pegerakan tangan dan jari yang membutuhkan pergerakan lebih cepat saat berkendara melintasi jalanan yang cukup ekstrim.

Chest, Inner Knee dan Elbow Protector

Dianjurkan menggunakan Chest Protector dengan tujuan melindungi bagian dada pengendara dari benturan dengan stang kemudi atau benda asing yang terlempar mengarah ke bagian dada. Selain itu juga perlu menggunakan Inner Knee dan Elbow Protector untuk melindungi bagian siku dan lutut pengendara saat terjatuh.

Sepatu

Untuk melindungi bagian kaki, para bikers offroad harus menggunakan sepatu dengan spesifikasi bentuk yang lebih tinggi, hingga menutupi tulang kering dan betis. Hal ini bertujuan untuk mencegah cedera pada tulang kering saat terjatuh dan tertimpa kendaraan.

“Pemilihan sepatu juga penting. Spesifikasi yang digunakan untuk offroad harus memiliki bahan yang lebih kaku namun tetap mudah dalam menggerakan pergelangan kami sehingga mencegah cedera pada persendian pergelangan kaki saat menahan beban yang berat di medan yang licin,” ujar Lucky. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar