Mau Murah dan Hemat? Pakailah Mobil Gas

Panduan Pembeli

Mau Murah dan Hemat? Pakailah Mobil Gas

TANGERANG SELATAN - Menipisnya cadangan minyak bumi membuat penggunaan bahan bakar alternatif harus segera dipikirkan. Terlebih, menurut perhitungan biaya penggunaan gas lebih murah dari BBM (bahan bakar minyak).

Dalam sebuah pengetesan Honda City CNG 1.5L AT yang dilakukan BTMP terlihat bagaimana penggunanya bisa banyak berhemat. Dalam pengetesan itu, penggunaan CNG memiliki beberapa keuntungan.

Dari segi emisi, baik CO, HC dan Nox, Honda City CNG ketika menggunakan mode CNG menghasilkan paling sedikit emisi. CNG hanya menghasilkan CO2 sebanyak 135,013 g/km. Angka itu jauh lebih rendah dari penggunaan Pertamax dan Premium yang masing-masing menghasilkan 168,743 g/km dan 166,11 g/km.

Meski begitu, penggunaan energi NCG tampak sedikit lebih boros karena bila Pertamax dan Premium hanya membutuhkan 7,13 liter dan 7,02 liter untuk berjalan sejauh 100 km, CNG membutuhkan 7,89 liter setara Premium.

Detailnya, Honda City CNG yang merupakan mobil dual-fuel alias bisa berjalan dengan menggunakan bensin atau gas mencatat bila menggunakan Pertamax dan Premium mobil ini mencatatkan penggunaan 14,0 km/liter dan 14,2 km/liter. Tapi bila menggunakan CNG catatannya 12,7 km/liter.

Namun hal itu tertutupi dengan harga CNG yang lebih murah dari Pertamax dan Premium. Dalam perhitungan per 11 Februari 2015 saat Premium dibanderol Rp 6.700, Pertamax berharga Rp 8.000 dan BBG dilepas Rp 3.100 per liter setara Premium, bahan bakar gas lebih murah.

Untuk berjalan sejauh 100 km, Pertamax membutuhkan biaya sebanyak Rp 57.040, Premium sebesar Rp 47.034 dan gas hanya Rp 24.485.

"Honda City CNG merupakan salah satu terobosan teknologi otomotif yang cocok untuk diterapkan di masa ini. Mobil ini memadukan efisiensi bahan bakar tinggi dengan kadar emisi yang rendah serta menggunakan sumber tenaga gas alam yang lebih efisien dan tersedia luas," lugas President Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Tomoki Uchida. [Syu/Idr]

emukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual