Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mau Bikin Mobil di Indonesia, Mazda Pelajari Peluang Ekspor

Berita Otomotif

Mau Bikin Mobil di Indonesia, Mazda Pelajari Peluang Ekspor

JAKARTA – Cita-cita Mazda di Indonesia tidak berhenti di perakitan lokal, tetapi juga ekspor.

Mazda sedang bersiap melakukan perakitan mobil di Indonesia yang mereka targetkan terealisasi dalam waktu dekat.

Merek mobil asal Jepang ini tidak akan membangun pabrik. Mereka memilih bekerja sama dengan pabrik milik pihak ketiga yang identitasnya masih dirahasiakan.

“Kami akan mulai cepat. Sudah mendapatkan lampu hijau dari Mazda Corporation. Sekarang sedang melakukan persiapan untuk tempat, peralatan, dan lain-lain,” tandas Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio merespons pertanyaan Mobil123.com dalam Media Gathering, Selasa (3/5/2023) lalu di Jakarta.

“Bahkan, engineers (para insinyur) Mazda saja sudah datang ke sini dan ngobrol dengan calon partner lokal kami,” tegasnya.

Mazda Indonesia

Ricky masih bungkam terkait model yang nantinya dirakit lokal.

Namun, ia memastikan kalau model tersebut bermesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE), belum berteknologi elektrifikasi.

Orang nomor satu di EMI—distributor resmi Mazda di Tanah Air—itu juga membeberkan mengenai studi untuk kelak mengekspor mobil Mazda rakitan Indonesia.

Ricky membocorkan salah satu pasar ekspor yang Mazda pelajari adalah Australia.

Meski begitu, sejauh ini, prinsipal Mazda di Jepang belum mengetuk palu terkait ekspor dari Indonesia atau pun negara tujuannya.

“Itu (Australia) salah satu studi kami, sih. Tapi, saya belum bisa sampaikan ke negara mana dan ekspor kapan karena yang menjadi fokus utama sekarang adalah kami mau rakit lokal secepat mungkin dengan kualitas baik,” tegasnya.

interior Mazda6

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per Januari-Maret 2023, Mazda menempati peringkat ke-11 merek mobil terlaris secara retail (diler ke konsumen).

Penjualan mereka mencapai 1.098 unit selama tiga bulan pertama tahun ini. Terjadi lonjakan penjualan 191,2 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penyebabnya, menurut Ricky, adalah suplai yang sudah membaik di tengah isu krisis cip semikonduktor global.

Mazda sekarang memasarkan 12 model di Indonesia.

Daftarnya adalah Mazda2 hatchback, Mazda2 sedan, Mazda3 hatchback, Mazda3 sedan, Mazda6 estate, Mazda6 sedan, Mazda CX-3, Mazda CX-30, Mazda CX-5, Mazda CX-8, Mazda CX-9, hingga Mazda MX-5 RF. [Xan/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang