Pabrik Vespa di Cikarang Rampung Tahun ini

Berita Otomotif

Pabrik Vespa di Cikarang Rampung Tahun ini

JAKARTA – Proses pembangunan pabrik perakitan motor Vespa milik PT Piaggio Indonesia (PID) di Cikarang, Jawa Barat terus berjalan. Pembangunan pabrik akan selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi. 

Seperti diketahui, Piaggio Indonesia memulai proses pembangunan pabrik Vespa pada November tahun lalu.

Ayu Hapsari selaku PR & Communications Manager PID mengatakan pabrik masih dalam pengerjaan, dan dijadwalkan selesai pada kuartal keempat 2022.

“(Pembangunan pabrik) kita ngejar on time, pokoknya tahun ini," ujar Ayu di acara Media Gathering di Senayan, Kamis (19/5/2022).

Pabrik perakitan motor Vespa (Foto: Kemenperin)

Pabrik Vespa dibangun di atas lahan seluas 5,5 hektare, berada di kawasan Industri Jababeka.

Sebagai informasi, dulu pabrik perakitan motor Vespa di Indonesia sudah ada pada era 1970-an, lokasinya berada di daerah Pulogadung, Jakarta Timur. Sayangnya, pabrik tersebut harus ditutup pada 1998 karena krisis moneter.

12 tahun kemudian, Piaggio kembali masuk ke pasar Indonesia secara resmi pada 2011. Piaggio menjajakkan produk-produk andalanya dari 4 merek yang dinaungi, yaitu Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi.

Saat ini produk dari masing-masing merek tersebut masih diimpor secara utuh atau Completely Built Up (CBU) dari luar Indonesia, salah satunya Vietnam.

Jika pabrik sudah rampung dibangun, maka motor-motor vespa yang dijual di Tanah Air akan berstatus Completely Knocked Down (CKD).

Kejutan Piaggio Indonesia Tahun Ini

Selain pembangunan pabrik, Ayu Hapsari juga mengatakan PID akan memberikan beberapa kejutan dari masing-masing brand di bawah naungan Piaggio Indonesia sepanjang tahun ini.

“Hari ini kita kasih warna baru Vespa dan Piaggio, bukan berarti ini saja terus abis itu enggak ada apa-apa lagi. Akan ada (produk) Vespa lain yang menarik, ada Piaggio, Aprilia, dan Moto Guzzi. Jadi setiap brand akan memberikan surprise buat kita semua di tahun ini,” pungkas Ayu.

Klaim kejutan ini memang patut dinantikan. Mengingat di awal tahun ini, PID turut memperkenalkan motor Aprilia model terbaru, yaitu Aprilia SR GT 200 bersamaan dengan ajang MotoGP Indonesia di Mandalika. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga sepeda motor bekas <<<<<



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar